Kapolrestabes Medan Terima Audiensi Panitia Seminar & Paskah BKAG

MEDAN (medanbicara.com) – Kapolrestabes Medan Kombes Johnny Eddizon Isir meminta semua pimpinan agama merangkul jemaatnya. Pimpinan seluruh agama, bila merangkul hati individu yang dipimpinnya, pasti mendatangkan damai.

“Bila ada pertengkaran bahkan perselisihan, muaranya yang tercoreng adalah institusinya,” ujarnya Rabu (19/2) saat menerima panitia kerukunan umat beragama dan panitia Paskah Badan Kerja sama Antar Gereja (BKAG) kota Medan Tahun 2020 di Mapolrestabes Medan.

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo itu mengatakan, pimpinan agama dan aliran kepercayaan atau apapun itu jika memiliki empati dan merealisir tanggung jawab sebagai pemimpin. “Pasti tidak akan muncul pertengkaran. Sama halnya antar umat beragama, jika masing masing sadar bahwa agama untuk meningkatkan iman, tidak mencampuri urusan ibadah orang lain. maka pasti tercipta kerukunan,”tegasnya.

Ia mengaku miris dengan kondisi pertengkaran disuatu agama apalagi antar umat beragama. Pria berdarah Papua-Jawa itu menyebut jemaat satu gereja yang sekarang ada ketidak harmonisan.

Sebelumnya, sekretaris umum BKAG kota Medan Pdt. L. Steven kumenit STh,MMin meminta Kombes Johnny Eddizon Isir sebagai pembicara pada seminar kerukunan umat yang akan di gelar 10 Maret 2020 di Hotel Ardina Jalan Krakatau Medan, dan permintaan itupun dipenuhinya. “Tapi, mohon maaf saya bukan juru rukun. Jika sesama bangsa Indonesia paham tugas dan fungsinya,maka sudah rukun hidup dalam bangsa dan negara” ujarnya.

Rombongan berintikan Pdt. Sardinan Hutauruk, STh, Pdm. Krisman Saragih, STh, pengerja Gereja Rudi wati dan Bendahara Umum BKAG Medan Dra. Risma Nadeak. Krisman Saragih mengatakan, kegiatan tersebut sebagai salah satu progam tahunan BKAG Kota Medan tahun 2020, Menurutnya program yang sifatnya memimpin umat.

Program kerja dan kepanitiaan tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 43/BKAG-mdn/I/2020. Pada SK tersebut dikatakan bahwa Pdt. Waldemar Aritonang,STh sebagai ketua Panitia Seminar kerukunan Pdt.Tiurma Butarbutar, STh sebagai Sekretaris dan Pdm. Krisman Saragih, STh sebagai bendahara. “Kebetulan panitia inti sedang bertugas diurusan lain, ” ujar Saragih. Ia mengatakan seminar khusus para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan nantinya diharapkan dapat menyosialisasikan hasil seminar ke warga lainnya. “Kami berharap, setelah seminar terjadi pemahaman lebih maksimal dan silaturahim lebih dalam antar pimpinan yang dicontoh jemaat. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai