Pemko Medan Dukung Sensus Penduduk Tahun 2020

MEDAN (medanbicara.com)-Guna menyosialisasikan informasi kepada masyarakat khususnya mengenai sensus penduduk Kota Medan tahun 2020, Pemko Medan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan melaksanakan Dialog Interaktif, Ceramah, dan Tatap Muka untuk menunjang sensus penduduk tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Grand Kanaya Jl. Darussalam Medan, Selasa (26/11).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution, MSi diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan Renward Parapat saat membacakan sambutan tertulis, mengatakan Sensus penduduk Tahun 2020 merupakan sensus penduduk kali ke 7 yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

“Untuk itu, kita harus melakukan berbagai upaya menyukseskan program kegiatan sensus penduduk ini,” kata Renward.

Selanjutnya, Renward memaparkan sensus penduduk merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang anggota suatu populasi. Sensus menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia. “Mengingat besarnya manfaat sensus ini, maka tidak heran jika tahun 2020 mendatang bangsa ini akan melaksanakan program sensus penduduk,” paparnya dihadapan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval dan Kepala BPS Medan, Enny Nuryani Nasution, serta Kabag Tapem Rasyid Ridho Nasution, SSTP sebagai narasumber.

Kegiatan sensus Penduduk ini, sambung Renward, tidak akan menghasilkan luaran yang maksimal jika informasinya tidak sampai secara merata kepada warga Kota Medan. ” Untuk itu kita harus mampu menyebarluaskan informasi tentang kegiatan ini melalui kegiatan dialog interaktif, ceramah dan tatap muka selama tahun 2019 yang hanya tinggal beberapa Minggu lagi. Namun waktu yang sedikit ini harus dimanfaatkan secara maksimal,” ujarnya.

Renward juga mengatakan media kampanye iklan juga harus bisa digunakan secara optimal, baik iklan konvensional yang mengandalkan tampilan fisik, hingga iklan yang lebih mutakhir dengan menggunakan media baru seperti beriklan mellui internet maupun media sosial. ” Dengan demikian kita harapkan, sensus penduduk ini akan bisa tersebar lebih merata sehingga mampu menerobos ke setiap sisi kehidupan masyatakat Kota Medan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kabid Statistik dan Informasi Publik, Harunsyah, melaporkan, Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi yang tepat dalam bentuk sosialisasi Sensus Penduduk Kota Medan 2020 dan tersosialisasinya informasi pendataan kepada ASN dan masyarakat.

Acara sosialisasi ini menghadirkan Camat se Kota Medan, Lurah sebanyak 42 orang dan Kepala Lingkungan sebanyak 42 orang sebagai peserta yang nantinya diharapkan mampu menjadi simpul informasi kepada masyarakat khususnya mengenai akan dilaksanakannya sensus penduduk Kota Medan pada tahun 2020.(rel/kom/RF)

Loading...

Mungkin Anda juga menyukai