Plt Walikota Medan Hadiri Musda IX MUI Sumut, Ini Pesannya…

Medan   (medanbicara.com)-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) IX Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut di Ballroom Hotel Santika Premiere Dyandra Jalan Kapten Maulana Lubis No 7, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Jumat (18/12) malam.

Musda yang dibuka langsung Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi tersebut ditandai dengan pemukulan bedug. Tujuan dari Musda ini untuk membahas program kerja MUI Sumut untuk 5 tahun kedepan serta melaksanakan pemilihan kepengurusan periode 2020 – 2025. Diharapkan kepada para pengurus yang terpilih nantinya dapat berkontribusi lebih kepada umat dan bangsa khususnya di Sumatera Utara.

Musda yang berlangsung selama 2 hari tersebut dimulai dari 18 – 20 November ini digelar dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Turut hadir dalam acara ini, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormi, Pangdam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Hassanudin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Utara, para ulama, tokoh masyarakat, dan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut menegaskan kembali peran ulama dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. Gubsu juga mengatakan, ulama mendukung umaro agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar. 

“Maka dari itu saya sebagai umaro, kalau saya salah, tegurlah. Banyak hal yang harus kita lakukan, oleh karena itu kawal saya dalam menjalankan amanah ini,” ucap Gubsu.

Sebelumnya, Ketua MUI Sumut, Prof Dr H Abdullah Syah MA mengungkap untuk 5 tahun ke depan para pengurus MUI Sumut mendapatkan tugas yang cukup berat. Sebab, harus membina umat Islam yang berada di pedalaman, dan perbatasan untuk mendapatkan ilmu Islam lebih dalam lagi. Maka dari itu, Ketua MUI Sumut berharap para pengurus yang baru nantinya dapat meningkatkan pendidikan Islamiyah di Sumatera Utara khususnya yang berada di pedalaman.

“Untuk 5 tahun ke depan, diharapkan pengurus yang baru nantinya dapat bekerja lebih baik lagi dari pada yang sebelumnya. Selain itu, para pengurus yang baru nantinya dapat meningkatkan kegiatan yang lainnya serta  meningkatkan kerjasama yang baik kepada semuanya,” jelasnya.

Usai menghadiri acara tersebut, Plt Wali Kota Medan mengungkapkan, melalui Musda IX MUI Sumut ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta dan anggota untuk melakukan konsolidasi internal serta mengevaluasi pencapaian program-program organisasi serta dapat melahirkan program-program unggulan dalam rangka membangun peradaban masyarakat Sumatera Utara yang rahmatan lil alamin.

“Pemko Medan mengucapkan selamat atas terlaksananya Musda ke IX MUI Sumut. Dengan tujuan Musda ini guna menyusun program kerja kedepan yang akan dilaksanakan pengurus yang baru 5 tahun ke depan. Kemudian membentuk kepengurusan baru masa khidmat 2020-2025,” ucap Akhyar.(rel/kom/KR)

Mungkin Anda juga menyukai