Ribuan Umat Hindu Rayakan Pesta Cahaya Menuju Kemenangan di Kuil Sri Mariamman

MEDAN(medanbicara.com)-Ribuan umat hindu etnis Tamil merayakan hari kemenangan dengan menyaksikan festival deepavali di kuil Sri Mariamman,Jalan Teuku Umar,Kelurahan Petisah Tengah Medan,Kecamatan Medan Petisah.Perayaan ini diwarnai pernak-pernik lukisan bunga dan cahaya lampu yang menghias halaman kuil.

Dari Pantauan medanbicara.com, Umat Hindu mengenakan pakaian adat india menghidupkan pelita yang sudah disiapkan dengan dihiasi pernak pernik bunga.Setelah penyalaan pelita, pendeta kemudian membacakan kidung-kidung suci. Setelah penyalaan pelita ribuan umat yang hadir di kuil menyanyikan lagu rohani dalam bahasa sankerta yang biasanya disebut bajhan.

Ketua Perhimpunan Kuil Sri Mariamman Candra Bose mengatakan,perayaan Deepavali merupakan hari besar bagi umat hindu dimana hari ini penuh kebahagiaan dan kemenangan. Deepavali artinya,cahaya menuju kemenangan.
"Ini merupakan hari kemenangan dimana A darma mengalahkan raksasa yang selalu menindas umatnya.Selain itu perayaan Deepavali disebut sebagai pesta cahaya biasanya penganut agama hindu selalu memasang pelita di rumah dan di kolam secara berbaris. Karena pelita akan selalu mengatasi kejahatan sehingga melambangkan cahaya kehidupan," jelas Candra, Rabu (18/10). Menurutnya, Umat Hindu yang hadir tidak hanya dari Kota Medan saja,namun juga dari kota lain.

Ketua Perhimpunan Hindu Darma Indonesia (PHDI) sUMUT Mannu menjelaskan,cahaya menuju kemenangan yang diadopsi kedalam diri manusia."Artinya perbuatan jahat yang akan lebur,sehingga dihari deepavali ini seluruh umat saling bermaaf-maafan, tidak membenci satu sama lain karena itu perayaan Deepavali ini merupakan hari yang penuh kebahagiaan dan memberikan cahaya hidup baru. Ajaran agama hindu mengajarkan tridikarana yakni hubungan manusia kepada tuhan sehingga umat hindu selalu hidup berdamai"Jelasnya.

Beby salah satu umat yang hadir menuturkan,sebelum perayaan Deepavali biasanya Umat Hindu selalu bernazar yang disebut dalam bahasa India Tamil, Perthasi. "Saya berharap agar kalangan remaja penganut agama hindu selalu memahami arti dan sejarah dari pilosofi perayaan Deepavali yang nantinya dapat bermanfaat untuk kegenerasi selanjutnya"tutupnya.(byma)

Teks foto1: gadis keturunan India suku tamil membaca kidung-kidung suci bersama ibu dan adiknya,dikuil Sri Mariamman Medan dalam rangka perayaan hari deepavali

Teks foto1: gadis keturunan India suku tamil membaca kidung-kidung suci bersama ibu dan adiknya,dikuil Sri Mariamman Medan dalam rangka perayaan hari deepavali

salah seorang pendeta menyalakan pelita di Kuil sri Mariamman ,jalan Teuku Umar,Kecamatan Medan Petisah

salah seorang pendeta menyalakan pelita di Kuil sri Mariamman ,jalan Teuku Umar,Kecamatan Medan Petisah

IMG_2354

 

Mungkin Anda juga menyukai