Robin Simatupang Diberi Marga LIM


MEDAN (medanbicara.com) – Kehidupan sehari-hari dengan apa yang disebut-sebut dengan kebhinekaan, ebangsaan dan pancasila yakni bhineka tunggal ika terwujud di Medan, Sumatera Utara. Marga LIM yang terkenal suka menolong adalah buktinya.

Aktualisasi yang tidak terbantahkan bahwa kemajemukan itu sangat indah. Buktinya, AKBP Robin Simatupang SH, MHum bersama Ny. Pdp. Vera Robin Br. Pasaribu,SH,MTh dinobatkan marga LIM. Pemberian dilakukan oleh Ketua Yayasan Lestari Indo Makmur (Lim) diwakili oleh Ali Johnson di gedung Marga LIM, Jl. H. Adam Malik, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (13/11/2021) siang.


Dalam kesempatan tersebut, Ali Johnson mengatakan pemberian marga Thionghoa tidak sembarangan diberikan. Ada beberapa proses yang harus dilalui. Nah, pak Robin telah melaluinya dengan baik. Hari ini, pak Robin telah sah Lim Robin.


“Kami pengurus Yayasan Lim menyambut baik pemberian marga ini. Semoga Lim Robin dan keluarga sehat dan sukses,”ujarnya.
Sementara itu, AKBP Robin Simatupang SH, MHum mengaku sebuah kehormatan diberi Marga LIM. Dirinya juga memohon bimbingan agar dapat meneruskan apa yang sudah baik dan dapat menjunjung tinggi Kebhinekaan tanpa membedakan suku, ras dan golongan. Saya juga sudah berkunjung ke Provinsi leluhur. Jadi, saya tahu sejarah marga LIM. Hari ini kita duduk dalam satu tujuan untuk silaturahmi. Disini kebhinekaan itu terwujud, berbeda -beda tetapi satu kebangsaan yaitu bangsa Indonesia, Pancasila disini juga sudah teraktualisasi. Sekali lagi saya ucapkan Terimakasih atas penyematan Marga LIM ini,” ucapnya di podium didampingi Ny.Pdp. Vera R.Br. Pasaribu,SH,MTh.


Lim Robin juga mengajak masyarakat agar bersama membangun negara dan bangsa. Dengan diberikan marga LIM, saya semakin semangat bersama Pemerintah untuk membangun bangsa dan negara. Tentunya, selain keluarga marga Simatupang dan Pasaribu (Keluarga Istri), saya juga sudah punya keluarga yaitu marga LIM. Saya akan menjaga kepercayaan marga LIM. Saya akan terus berbuat kebaikan dan bekerja dengan baik. Sekarang kita sedang menghadapi pandemi covid 19, saya mengajak saudara-saudara untuk tetap menjaga prokes dan jangan lengah. Bila kita sehat, kita dapat bekerja dengan baik,”Semua karena kemurahan Tuhan,”ujar Robin.


Hal senada dikatakan oleh Bupati Sergai, H Darma Wijaya. Dia mengucapkan selamat kepada Robin Simatupang dan istri yang telah diberikan Marga LIM. β€œIni sangat besar untuk menyatukan Indonesia. Inila bukti Kebhinekaan itu. Marga Batak dan Thionghoa disatukan Pancasila. Saya sudah lama mengenal Pak Robin, ketika beliau pindah tugas ke Polda, saya dan masyarakat merasa sedih. Karena selama ini selalu bersama-sama melayani masyarakat dengan baik. “Kami kehilangan guru dan orangtua. Alam di Sergai pun menangis dengan kepindahan Pak Robin,”ucap Bupati.


Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, Juswan Tjoe juga memberikan apresiasi kepada Robin Simatupang dan Istri. Sebab, pemberian marga Thionghoa tidakla mudah. Dengan pemberian marga ini, Pak Robin sudah mejadi keluarga LIM. “Saya sudah minta menjadi marga LIM namun belum dikasih. Saya harus ikut gabung dulu,”ujarnya sembari tersenyum.


Selanjutnya acara dilanjutkan di lantai IV dengan penabalan marga LIM di depan altar Bigan , nenek moyang marga LIM. Kemudian Ali Johnson memberikan tulisan aksara Thionghoa kepada Robin Simatupang dan istri.


Acara dihadiri oleh AKBP Robin Simatupang,SH,MHum, Bupati Sergai, H. Darma Wijaya, Wakil Bupati, Adlin Tambunan, Sekda, Faisal dan para pengurus Yayasan Lestari Indi Makmur (LIM).
Untuk diketahui, asal usul marga Lim bermula dari Shang yang datang mengepung rumah Bi Gan dengan maksud membunuh keluarganya. Bi Gan diketahui memiliki 2 istri yang masing-masing sedang hamil. Dimana salah seorang diantaranya berhasil ditangkap dan dihukum mati. Sementara seorang lagi istrinya berhasil kabur dan bersembunyi di hutan Chang Lin Shi Shi (sekarang Provinsi Henan Tiongkok).


Dalam pelariannya, istri Bi Gan melahirkan putra dengan nama Jian. Setelah Raja Zhou Wu Wang menggulingkan pemerintahan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou, Raja Zhou Wu Wang menganugerahi Marga LIM kepada Jian. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai