Terduga Teroris Dibawa Densus 88 Dari Medan dan Deliserdang

Personel polisi sedang berincang dengan warga di lokasi penangkapan terduga teroris. IST/Ter

MEDAN (medanbicara.com)- Personel dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dikabarkan mengamankan terduga teroris di Kota Medan dan Deliserdang, Jumat (13/8/2021) pagi.

Dari informasi yang diperoleh bahwa diamankan terduga teroris tersebut dilakukan tim Densus 88 Antiteror dibeberapa lokasi di antaranya di Medan dan Deli Serdang.

Dari informasi yang diperoleh, untuk di Kota Medan, tim Densus 88 mengamankan satu orang terduga teroris di Jalan Tritura, Gang Neo, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor.

Dari pantauan di lokasi terlihat rumah yang berada tepat dipinggir rel terlihat sebuah gerobak sate yang merupakan rumah satu terduga teroris yang diamankan terlihat sepi.

Bahkan, banyak warga sekitar tidak mengetahui ada penangkapan terduga teroris tersebut.

Namun, salah satu warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi diamankan satu orang tersebut mengatakan bahwa sekitar pukul 08.00 WIB beberapa orang dengan badan besar dan tegap membawa satu orang laki-laki dari rumah itu.

“Tadi, pas saya mau bersihkan rumah, ada orang bawa laki-laki dari rumah itu,” kata pria yang tak mau disebutkan namanya itu.

Sementara terkait penangkapan terduga teroris, Kepala Lingkungan XI, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Yusmidar yang ditemui di Kantor Kelurahan membenarkan bahwa adanya seorang pria diamankan.

“Benar, pagi tadi saya ditelepon dengan orang Brimob. Saya disuruh mendampingi mereka saat mengamankan H,” ujarnya.

Lanjut wanita yang menggunakan hijab biru ini, diamankannya H sekitar pukul 09.00 WIB.

“Sekitar pukul 09.00 Wib pagi lah diamankan. Yang dibawa cuma H. Kalau untuk barang bukti yang saya lihat tadi cuma sepeda motor dan HP saja yang dibawa,” ungkapnya.

Yusmidar menjelaskan bahwa H sendiri bukan warganya.

“Kalau yang diamankan itu bukan warga saya. Namun ia datang ke rumah mertuanya. Nah mertuanya itu warga saya. Dan ia diamankan saat beli serapan di kawasan rumah mertuanya. Jadi polisi bawa dia ke rumah mertuanya,” bebernya.

Tidak sampai di situ, Kepala Lingkungan ini juga menjelaskan bahwa H sendiri terbilang masih muda.

“Kalau usia ya sekitar 30-an lah. Kalau informasi yang saya dapat, H itu dibawa ke Mako Brimob. Keluarga juga dipersilakan untuk ketemu di sana. Mungkin rumahnya tutup karena keluarga jenguk ke sana,” pungkasnya.

Sementara terduga teroris juga diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror (AT) di Jalan Pala, Dusun III A, Desa Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), R bin K (50), karyawan PT M, Jumat pagi (13/8/2021).

Camat Sunggal, Eko Sapriadi dalam keterangannya kepada wartawan, siang harinya mengatakan, pukul 06.29 WIB, penangkapan terduga teroris, R bin K dilakukan Tim Densus 88 dipimpin Iptu Parman, selaku ketua tim. R bin K diduga merupakan jaringan Jamaah Islamiyah.

“Pukul 06.00 WIB, Densus 88 dipimpin Iptu Parman melakukan pengejaran dan pemantauan di salah satu rumah kontrakan di Jalan Pala, Dusun III A, Desa Sei Mencirim,” sebutnya.

Sadar dibuntuti, R bin K sempat berupaya kabur dengan mengendarai sepeda motor Honda Supra ke arah Desa Suka Maju, tepatnya di sawah dekat tower.

Pukul 06.29 WIB, terduga teroris, R bin K akhirnya diamankan tanpa ada perlawanan.

Selanjutnya, Tim Densus langsung berkoordinasi dengan Kepala Dusun (Kadus) III A dan melakukan penggeledahan di rumah R bin K di Jalan Pala, Dusun III A. Saat penggeledahan dilakukan, terdapat seorang anak perempuan.

Selanjutnya, terduga teroris, R bin K dibawa ke Mapolda Sumut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Mpc/Ter)

Mungkin Anda juga menyukai