CALEG GOLKAR

Aduh Fuang..! Inang-inang di Toba Samosir Demo Telanjang di Lokasi Proyek Pembukaan Jalan Kaldera Toba

Aksi inang-inang telanjang. (mol)

TOBASA (medanbicara.com)Pembukaan Jalan Kaldera Toba Nomadic Escape diwarnai dengan aksi telanjang oleh Inang-inang (ibu-ibu) warga Sigapiton Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir, Kamis (12/9/2019).

Aksi tersebut berlangsung saat alat berat jenis escavator melakukan pengerjaan pembukaan jalan Dusun Sileangleang dengan Dusun Batu Silali.

Dimana sebelumnya sudah ada penolakan dari masyarakat setempat untuk menghadang pembukaan jalan tersebut. Namun akhirnya pengerjaan dapat dilanjutkan kembali setelah tim aparat keamanan dari Kepolisian, TNI bersama dengan Satpol-PP Tobasa berhasil membubarkan aksi tersebut.

Namun, aksi kembali dilakukan oleh sekelompok Omak-Omak dengan telanjang di lokasi pembukaan jalan. Sontak saja suana menjadi ricuh kembali. Aksi tersebut, menunjukkan sikap mereka terhadap pemerintah hingga saat ini belum ada titik temunya.

Masyarakat Bius Raja Paropat Sigapiton mengklaim bahwa tanah yang dijadikan Kaldera Toba Nomadic Escape BODT tersebut adalah tanah ulayat adat mereka.

Boru Manurung salah seorang aksi telanjang tersebut menyatakan bahwa hak mereka sedang diinjak-injak oleh pemerintah. “Kembalikan tanah kami! Ini adalah tanah leluhur kami,” teriaknya.

Selanjutnya aksi tersebut bisa diamankan oleh beberapa anggota Polwan dan Satpol-PP perempuan Tobasa. Dan para Omak-Omak yang terlibat aksi telanjang tersebut kembali mengenakan pakaiannya masing-masing.

Dalam pembukaan jalan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Toba Samosir, Ir Darwin Siagian bersama beberapa OPD, Waka Polres Tobasa, Kompol Jonson Butarbutar bersama Pejabat Polres Tobasa.

Kapolres Toba Samosir, AKBP Agus Waluyo membenarkan aksi tersebut. Aksi emak-emak itu, katanya, berlangsung di lahan Badan Otorita Danau Toba. Di lokasi, akan dibangun jalan pariwisata menuju Batu Silali sepanjang 1.900 meter dan lebar 18 meter.

“Di situ akan dibuat jalan untuk di kawasan Badan Otorita Danau Toba,” ujarnya ketika diminta konfirmasi, Kamis (12/9/2019) petang.

Dia menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Kamis siang. Lahan tersebut milik negara yang selama ini dikelola pihak kehutanan. Namun di lahan itu ada masyarakat yang menanam tanaman.

“Ada tanam tumbuh, tadi pagi sudah diberikan ganti untung kepada masyarakat yang memiliki tanaman. Jadi tanamannya dieksekusi. Tapi ada sebagian masyarakat ini yang tidak setuju,” jelasnya.

Ada tujuh orang yang diberi dana ganti untung dengan jumlah tanaman 1.074 batang dari berbagai jenis tanaman. “Ada sebagian masyarakat yang tidak setuju. Mereka tidak punya tanam tumbuh gimana mau diganti,” pungkasnya. (mol/dtc)

Mungkin Anda juga menyukai