Anggota DPRD Sumut dan Dokter Positif Kena Virus Corona, Ini Data di Sumut

Dua petugas medis berseragam alat pelindung diri (APD) yang wajahnya tertutup masker di gedung isolasi RSUP Haji Adam Malik Medan. (ant)

MEDAN (medanbicara.com)-RS Adam Malik merawat tujuh pasien positif virus Corona atau COVID-19. Salah satu yang dirawat adalah dokter.

“Iya,” ujar anggota Tim Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (PINERE) RSUP H Adam Malik, Medan, Ade Rahmaini, saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/3/2020).

Namun Ade tak menjelaskan detail identitas dokter tersebut. Dia juga tak menyebutkan apakah dokter tersebut tertular corona saat bertugas di RS Adam Malik atau saat bertugas ke luar kota.

Selain dokter, ada seorang anggota DPRD Sumut yang dirawat karena positif Corona, yakni Aulia Agsa. Dia disebut demam sepulang dari Manado.

Informasi soal Aulia demam usai pulang dari Manado itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution pada Jumat (20/3/2020). Saat itu, Harun mengatakan Aulia pergi ke Manado terkait keperluan tugas.

“Setelah pulang dari luar kota. Kalau nggak salah dari Manado, Sulawesi lah pokoknya, Manado,” kata Harun.

Namun, Harun tak menjelaskan detail kapan Aulia berada di Manado dan kapan tiba di Medan. Saat itu, Harun hanya mengatakan Aulia sudah dirawat sekitar empat hari. Artinya, berdasarkan keterangan Harun, Aulia sudah berada di RS sejak 16 Maret 2020.

Harun menyebut Aulia langsung memeriksakan diri ke rumah sakit karena mengalami demam tinggi. Pihak rumah sakit kemudian memutuskan untuk mengisolasi Aulia.

“Karena kebetulan dia pas diperiksa 38 lebih mungkin kecapekan atau demam apa, diminta dia diisolasi, dia bersedia. Kita harus apresiasi orang seperti itu,” ucap Harun.

Terbaru, Harun mengatakan hasil tes Aulia menunjukkan anggota DPRD dari Fraksi Gerindra itu positif corona. Menurut Harun, Aulia yang langsung menyampaikan kabar tersebut agar rekan-rekannya memeriksakan diri.

“Dia yang mengabari, Bang aku positif, tolong kasih tahu kawan-kawan biar tahu memeriksakan diri,” kata Harun, Selasa (24/3/2020).

Dia mengatakan Aulia bercerita bahwa dirinya tidak mengalami demam selama enam hari terakhir. Namun, hasil tesnya yang keluar hari ini positif Corona.

“Sudah enam hari nggak ada demam. Justru karena itu, tadi pagi teleponan sama dia, Ya mudah-mudahan aku sehat, Bang. Kalau udah keluar hasilnya aku udah bisa keluar, bisa tenang,'” ucap Harun.

Harun mengaku tak tahu persis kapan Aulia tertular penyakit tersebut. Dia berharap Aulia segera pulih.

“Ini kan bukan penyakit yang memalukan, siapa saja bisa kena. Kita nggak tahu juga dia di mana kenanya, apakah di pesawat apa setelah sampai Medan,” ucapnya.

Sejauh ini, ada delapan kasus positif Corona di Sumut. Tujuh di antaranya masih dirawat dan satu meninggal dunia.

Hingga Selasa (24/3), PDP Corona di Sumut berjumlah 53 orang. Selain itu, ada delapan orang yang dipulangkan karena negatif dan ada 1.391 orang dalam pemantauan (ODP) Corona. (dtc)

Mungkin Anda juga menyukai