CALEG GOLKAR

Isak Tangis Iringi Pemakaman Wakapolres Labuhanbatu, Lebaran Pulang Apa Tidak? Belum Tahu Mak…

Pemberangkatan Kompol Andi Chandra SIK, Wakil Kapolres Labuhanbatu yamg tewas tenggelam. (tsn)

PEMATANGSIANTAR (medanbicara.com)- Isak tangis mengiringi pemberangkatan Kompol Andi Chandra SIK, Wakil Kapolres Labuhanbatu yamg tewas tenggelam ke peristirahatan terakhir di kampung halamannya di Nagori Bandar Malela, Kecamatan Gunung Maligas.

Sumarmi ibu dari Kompol Andi tak kuasa menahan air mata saat menceritakan detik-detik sebelum mendapat kabar anak sulungnya itu meninggal dunia. Suaranya parau dan tersedu-sedu di rumah duka.

Sumarni mengisahkan bahwa tidak ada firasat apa pun bahwa akan kehilangan anak pertamanya dari empat bersaudara. Suara Andi Chandra yang terakhir kalinya, sempat didengarnya lewat telepon. Saat di atas kapal boat, mereka masih sempat bertelepon menanyakan kabar serta waktu kepulangannya ke kampung.

"Tidak ada firasat apa-apa sama sekali. Terakhir kali sedetik sebelum kejadian itu kami teleponan. Cuma karena ada hujan dan petir makanya dimatikan lah, ya sudah lah gitu dulu, katanya. Teleponnya takut nyambar. Tidak berselang lama, dapat kabar kapalnya karam usai pulang dari acara itu," kata istri Sajib ini.

"Tidak percaya kali saya dapat kabarnya, saya bilang pun kalau kami baru teleponan. Langsung tidak sanggup lagi saya dengarnya,” katanya.

Dalam perbincangan terakhir, Sumarni sempat menanyakan kepastian kapan Andi Chandra akan kembali pulang. Menjelang lebaran, Sumarni sempat tanyakan apa tahun ini akan lebaran bersama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Pas teleponan, biasa kan lebaran selalu pulang rayakan bersama. Saya tanya tahun ini pulang apa tidak? Terus dia bilang belum tahu Mak," ungkap Sumarni sambil menyeka air mata.

Sumarni mengisahkan bahwa anak sulungnya ini adalah tulang punggung utama dalam keluarga. Andi sosok yang baik dan peduli keluarga, tetangga.

Kesehariannya Andi dikenal imam keluarga yang saleh, disiplin ibadah salat lima waktu, dan hidup sehat tanpa rokok.

"Anaknya ini saleh kali orangnya, salatnya rajin, tidak pernah merokok. Dia lah tukang punggung keluarga kami. Harapan kami kesalahan dia dimaafkan, kepada negeri kami ucapkan terima kasih telah mendidik anak kami, kepada pimpinannya kami berharap keluarga kami tetap diperhatikan dan dipedulikan," pungkasnya.

Salah seorang warga sekitar, Sardi menceritakan bahwa sosok Andi Chandra adalah pemuda kebanggaan di kampungnya. Sejak kecil hingga SMP Andi yang besar di kampung, dikenal sebagai pemuda pendiam dan ramah.

"Almarhum hingga SMP di kampung, setelah tamat dia disekolahkan negara jadi Polisi karena berprestasi. Anaknya ini pendiam, baik kali pun sama orang-orang sini. Kalau nggak salah dulu Buk Megawati yang melantik dia," kata Sardi.

Irawadi pemuda sepermainan Andi Chandra, yang berusia dua tahun lebih muda di bawah Andi bercerita kalau belum lama ini Andi sempat pulang kampung sebelum menjabat Wakapolres Labuhanbatu.

"Sering dia itu balik kampung. Ya kalau sama kami dia itu nggak mau dipanggil lebih tua karena polisi. Baik kali lah orangnya ini. Biasa pun mau dia itu jaga-jaga kedai, pakai celana pendek. Tidak pernah buat masalah, dan ramah sama kami semua. Dia ninggalkan dua anak, sepasang cewek sama cowok, yang paling besar cewek masih SD. Istrinya Polwan," imbuh Irawadi, menahan rasa sedihnya.

Wakapolres Simalungun Kompol Hendra Eko Triyulianto SIK MH saat ditemui di lokasi rumah duka, mengatakan, Kompol Adi Chandra adalah seniornya.

“Dia abang letting saya, beliau tamat 2003, saya 2004. Beliau itu baik sekali orangnya dan ramah. Kami memang jarang ketemu dan kalaupun bertemu ketika ada rapat di Polda Sumut,”kenang Hendra, yang sebentar lagi juga harus berpindah tugas ke Direskrimum Polda Sumut.

"Selain ramah, almarhum ini sama adik-adik lettingnya ramah dan sangat pendidik buat kami. Nasehat dan arahan beliau buat kami yang masih dibawah lettingnya membuat kami dalam bertugas mendapat dukungan dari beliau,” tambah AKP Hendri Nupia Dinka SH SIK yang sedang berdampingan dengan Wakapolres Simalungun. (tsn/yaf/fcb)

Mungkin Anda juga menyukai