Lagi Terduga Teroris, Densus 88 Amankan Pembuat Kapal di Asahan dan Guru di Binjai

Rumah seorang warga di Kabupaten Asahan diamankan-Densus 88. (Dtc)

ASAHAN (medanbicara.com-Seorang warga Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), berinisial AKS (42) diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Densus 88 juga menggeledah rumah AKS.

Kepala dusun setempat, Ayub Sambas, turut menyaksikan penangkapan tersebut. Penangkapan dilakukan pada Jumat (13/8/2021) pagi, di Desa Sei Apung, Kecamatan Tanjungbalai, Asahan.

“Pagi tadi sekitar jam 05.30 WIB saya ditelepon polisi, katanya ada warga saya yang ditangkap,” kata Ayub.

Ia mengatakan turut menyaksikan penggeledahan yang dilakukan oleh Tim Densus 88. Dia mengatakan ada beberapa barang diamankan, seperti ATM dan sejumlah buku.

“Ada diamankan kartu ATM sama buku-buku gitu,” kata dia.

Ayub juga mengaku tidak mengetahui selama ini warganya itu terlibat jaringan terorisme. Di mata warga, selama ini AKS dikenal sebagai perajin kayu dan mahir dalam merenovasi kapal-kapal nelayan.

Di lokasi tempat AKS diamankan, selama ini ia memang tinggal sendiri di rumah sekaligus menjadi lokasi usahanya itu.

Sementara itu, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira saat dimintai konfirmasi wartawan tentang penangkapan Densus 88 di Asahan mengaku belum mengetahui kabar tersebut. “Coba saya cek, ya,” ujarnya singkat.

Densus 88 juga mengamankan, DI (44), warga Jalan Kol Yos Sudarso, Gang Aisyah, Lingkungan IX Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, tidak jauh dari Simpang Rumah Makan Mbak Nur/Panglong Kayu Ponirin), didampingi Tim Unit Pidum Sat Reskrim Polres Binjai, Jumat (13/8) Siang, sekira Pukul 11.34 Wib.

Polisi melakukan penggeledahan di rumah DI. (mlk/mbj)

Diamankannya DI yang berprofesi sebagai seorang guru ini karena disebut sebut sebagai seorang terduga teroris, yang berkaitan dengan Kotak Amal Laz Aba di Kota Binjai.

Usai berhasil mengamankan terduga teroris yang dimaksud, selanjutnya sekira Pukul 12.05 Wib, Tim Densus 88 Mabes Polri melakukan penggeledahan di kediaman DI.

Penangkapan terduga teroris di Jalan Kol Yos Sudarso, Gang Aisyah, Lingkungan IX Kelurahan Cengkeh Turi, dibenarkan oleh Camat Binjai Utara, Adri Rivanto SSTP.

“Benar, sebelum Salat Jumat tadi ada penangkapan terduga teroris di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kecamatan Binjai Utara,” ungkap Adri Rivanto, Jumat (13/8) siang, sekira pukul 14.55 Wib.

Ia juga membenarkan, jika pria yang diamankan tersebut bernama DI. “Namanya DI,” ujar Camat Binjai Utara.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, dalam penggeledahan yang dilakukan di kediaman DI, personel Densus 88 Mabes Polri berhasil menemukan beberapa barang bukti.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan adalah, 7 buah buku berjudul Zionis & Syiah (1 buku), Suara Syam (1 buku), Mewaspadai penyimpangan Neo Murji’ah (1 buku), Membongkar Kesesatan Gafatar (1 buku), Sehat dan Kaya dengan sedekah (3 buku).

Barang bukti lainnya yaitu, 1 unit Buku Tabungan Bank Mandiri Syariah, 1 unit ATM Bank Mandiri Syariah, 1 unit Kartu NPWP, 2 Unit Hand Phone masing masing 1 HP merk Nokia, 1 HP Android, 1 Sertifikat Wakaf Tunai Program Sejuta Donatur untuk Ponpes Tahfiz Alquran Al Huda Gratis, 1 berkas Copy bertuliskan Arab, 1 KTP, 1 Lembar Foto Copy KTP atasnama Dudi Iskandar, 1 Kartu Umroh dan Haji Plus (Tawassu) dan 1 Kartu BSM.

Hingga pukul 12.56 Wib, DI masih dalam proses interogasi oleh Tim Den 88 Anti Teror Mababes Polri. Akhirnya, sekira pukul 13.15 Wib, terduga teroris yang berhasil diamankan tersebut dibawa ke Polda Sumut oleh Tim Densus 88 Anti Teror dan personel Sat Reskrim Polres Binjai untuk dilakukan pengembangan.

Menurut informasi yang beredar, penangkapan terduga teroris merupakan pengembangan dari pengamanan terduga teroris lainnya dari daerah Sei Mencirim, Kabupaten Deli Serdang, yang berhasil diamankan sebelumnya. (Dtc/(mbj/mlk)

Mungkin Anda juga menyukai