CALEG GOLKAR

Libur Cuti Bersama-Idul Fitri, Poli Rawat Jalan di RS Pemerintah Tutup 

RSUPH Adam Malik, Medan/net

MEDAN (medanbicara.com)-Selama libur Idul Fitri 1439 H yang berlangsung selama 10 hari dari tanggal 11-20 Juni 2018 mendatang, pelayanan medis di rumah sakit pemerintah dan swasta tetap dibuka melalui IGD.

RSUP H Adam Malik tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama libur Lebaran Idul Fitri 2018, semua pelayanan kesehatan selama libur lebaran tersebut akan dipusatkan di IGD RS Adam Malik, termasuk layanan rawat jalan karena poliklinik umum akan tutup selama libur.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, karena semua pasien yang datang akan dilayani di IGD selama libur Lebaran Idul Fitri 2018, termasuk pasien rawat jalan,” kata Direktur Umum dan Operasional RSUP H Adam Malik Syamsudin Angkat SH SE MM di Medan, Jumat (8/6).

Lebih lanjut dijelaskannya, penambahan petugas dan jadwal pun sudah diatur untuk  mengantisipasi pelayanan kesehatan selama libur lebaran tersebut. Selain dokter umum, setiap hari RS Adam Malik juga akan menyiagakan lima dokter spesialis di IGD, yakni dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis bedah, serta dokter spesialis anastesi.

"Semua dokter di RS Adam Malik juga siap untuk on call (dihubungi) dalam keadaan darurat selama libur, termasuk dokter sub spesialis. Sedangkan untuk rujukan dari rumah sakit lain, bisa menghubungi Call Center 061-8363000," tambah Syamsudin.

Sementara itu, sebelumnya pasien rawat jalan dengan kebutuhan obat rutin juga sudah diberikan obat untuk kebutuhan selama libur Lebaran. Namun, jika ada yang masih membutuhkan obat, maka pasien rawat jalan akan dilayani di IGD. Sedangkan, Poliklinik Metadon untuk pasien penyalahgunaan narkoba tetap buka selama libur lebaran.

Jadwal layanan RSUP H Adam Malik sendiri akan kembali seperti semula setelah libur lebaran, di mana poliklinik umum akan aktif mulai Kamis, 21 Juni 2018.

Terpisah, Kasubag Hukum dan Humas RSUD Dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin SH MKes MH mengatakan pelayanan medis rumah sakit tetap dibuka. Bagi masyarakat yang ingin berobat rawat jalan melalui IGD, karena poliklinik rawat jalan ditutup.

"IGD dan apotik rumah sakit tetap dibuka selama libur cuti bersama hingga Idul Fitri. Apotik dibuka supaya pasien mudah mengambil obat yang telah ditentukan oleh dokternya," katanya.

Mengenai dokter sudah pasti standby di ruangan IGD. "Masyarakat tidak usah ragu untuk berobat ke rumah sakit ini selama libur panjang tahun ini. Banyak dokter di rumah sakit, sudah diatur dokter jaganya selama libur untuk menangani pasien rawat inap," tegasnya.

Sedangkan, poliklinik rawat jalan rumah sakit umum swasta antara lain RSU Elisabeth Medan dan RSU Sari Mutiara Medan selama libur cuti bersama tetap dibuka.

Ketua Dewan Pengawas RSU Sari Mutiara Medan, dr Tuahman Fr Purba MKes SpAN dan Direktur RSU Santa Elisabeth Medan dr Maria Christina MARS mengatakan poliklinik rawat jalan di rumah sakit yang dipimpinnya hanya tutup pada perayaan Idul Fitri 1439 H.

"Selama libur Idul Fitri itu, masyarakat bisa berobat melalui IGD. Dokter yang bertugas di IGD sudah diatur mulai dari dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, anastesi, dan spesialis lainnya," tandas Tuahman dan Maria. (fatimah/ef)

Mungkin Anda juga menyukai