CALEG GOLKAR

Mahasiswa FH Unpri Kunjungi Lapas Wanita Kelas II A Medan

Ka.LAPAS Wanita Kelas II A Medan Surta Duma Sihombing Bc.IP SH MSi didampingi Kepala Seksi Binadik Marlia R.S AMd IP SH foto bersama Ketua Program Studi Ilmu Hukum Rahmayanti SH MH, dosen pendamping Satria Braja Hariandja SH MH dan mahasiswa-mahasiswi FH UNPRI /ist  

MEDAN (medanbicara.com)-Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) melakukan kunjungan ke lembaga pemasyarakatan (LAPAS) Wanita kelas II A Medan.

Pada kunjungan itu, para mahasiswa dipimpin Wakil Dekan I FH UNPRI Theresia Simatupang SH MHum, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Rahmayanti SH MH dan dosen pendamping Satria Braja Hariandja SH MH.

Rombongan mahasiswa FH UNPRI tersebut diterima langsung Kepala LAPAS Wanita Kelas II A Medan Surta Duma Sihombing Bc IP SH MSi dan Kepala Seksi Binadik Marlia R.S AMd IP SH.

Surta Duma Sihombing pada kesempatan itu, sangat mengapresiasi dengan kegiatan mahasiswa FH UNPRI, yang peduli dengan warga binaan di LAPAS Wanita Kelas II A Medan.

Dipaparkan Surta Duma juga, bahwa penjatuhan pidana yang diberikan di LAPAS ini, bukan semata-mata sebagai pembalasan dendam melainkan sebagai tempat pemberian bimbingan dan pengayoman.

Dijelaskannya juga, bahwa para tahanan dan narapidana setiap harinya mendapat kegiatan positif, sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Rahmayanti SH MH kepada wartawan, Jumat (23/3) mengatakan, Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerjasama (MoU) antara FH UNPRI dengan Kanwil DepkumHam Provinsi Sumatera Utara, dalam bidang pengembangan pendidikan hukum, dan melanjutkan kegiatan perkuliahan klinis hukum di Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Dalam kunjungan tersebut, kata Rahmayanti mahasiswa juga melakukan wawancara dengan beberapa warga binaan, guna mengetahui tindak pidana apa saja yang dilakukan oleh warga binaan, dan unsur-unsur tindak pidana yang dilakukan oleh wargabinaan tersebut.

"Mahasiswa FH UNPRI diberikan kesempatan berdiskusi dan tanya jawab,"kata wanita berkerudung ini meyakinkan.

Bersamaan dengan tanya jawab yang terjadi, ungkap Rahmayanti, mahasiswa semakin terbuka wawasannya mengenai kehidupan di LAPAS Wanita tersebut.

Ditempat terpisah, Dekan FH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn mengatakan, kegiatan kunjungan ke LAPAS ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa FH UNPRI, tentang praktik permasyarakatan di LAPAS, dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kondisi LAPAS secara kontekstual, melalui wawancara dengan petugas LAPAS dan warga binaannya.

"Sehingga, mahasiswa akan mendapat pandangan lebih luas mengenai kehidupan wargabinaan di LAPAS,"kata Tommy.

Tommy Leonard berharap, dari kunjungan mahasiswa ke LAPAS Wanita Kelas II A Medan ini, dapat menambah pengetahuan. (eko fitri)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai