CALEG GOLKAR

Medan Tampilkan Aneka Songket Medan Di Inacraft Jakarta

 

JAKARTA (medanbicara.com)-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengikuti pameran produk kerajinan internasional atau Internasional Handicraft Trade Fair (INACRAFT) ke-20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (25/4).

Aneka kerajinan tangan hasil para pengrajin asal Kota Medan dipamerkan dalam ajang yang digelar bertujuan untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kesejahteraan hidup para perajin maupun pengusaha di bidang kerajinan di Indonesia.

Pameran produk kerajinan internasional itu dibuka langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla. Untuk tahun ini, Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah  INACRAFT dengan mengusung tema The Loftiness of North Sumatera. Itu sebabnya INACRAF concern menampilkan produk kerajinan, senin dan atraksi budaya Sumut sebagai ikon.

Selain aneka kerajinan tangan, Dekranasda Kota Medan juga membawa berbagai motif Batik Medan dan Songket Deli yang kental dengan ikon dan kearifan lokal Kota Medan untuk ditampilkan diajang pameran kerajinan yang telah digelar sejak 1999 tersebut. Melalui pameran yang berlansung selama lima hari itu, hasil kerajinan para pengerajin dari Kota Medan, tidak hanya dikenal di seluruh nusantara saja tetapi juga internasional.

Di samping itu Dekranasda Kota Medan juga tidak ketinggalan membawa lukisan Abu Sinabung yang bahan lukisannya berasal dari teh dan kopi, serta lukisan berbahan sabut kelapa. Seluruh produk hasil kreasi tangan dingin para pengrajin dari Kota Medan yang kaya akan inovasi dan ide cerdas itu menarik perhatian para pengunjung.

Tidak hanya pengunjung , istri Wakil Presiden Jusuf Kalla yakni Ibu Mufidah Kalla juga sangat tertarik sehingga mendatangi Stand Dekranasda Kota Medan untuk melihat dan mengenal lebih dekat hasil  kreasi para pengerajin dari Kota Medan. Kedatangan istri Wapres didampingi Gubsu, T Erry Nuradi dan Ketua Dekranasda Sumut  Ny Evi Diana.

Di Stand Dekranasda Kota Medan, istri Wapres sangat kagum dan mengapresiasi hasil produk kerajinan tangan yang dipamerkan, terutama Batik Medan dan Songket Medan. Dia menilai, Batik Medan dan Songket Medan sangat bagus dan indah  karena mampu mengagkat ikon dan kearifan lokal Kota Medan menjadi motif yang sangat menarik.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin mengaku, sangat bangga, sebab stand Dekranasda Kota Medan dikunjungi dan mendapat apresiasi dari istri Wapres. Tentunya kehadiran istri Wapres akan memotivasi para pengerajin untuk terus berkreasi dan menghasilkan produk-produk terbaik.

“Alhamdulillah, stand kita dikunjungi Ibu Wapres dan beliaupun sangat mengapresiasi seluruh produk kerajinan  para pelaku UMKM di Kota Medan. Semoga seluruh produk kerajinan ini disukai oleh seluruh pengunjung. Dengan demikian  peluang kita memasarkan hasil kerajinan semakin terbuka lebar. Semoga event ini dapat meningkatkan kesejahteraan para pengerajin maupun pelaku UMKM di Kota Medan,” kata Rita Maharani. (eko fitri/ef)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai