CALEG GOLKAR

Panas Di Medan Capai 35 Derajat

Suhu panas di Medan dan sekitarnya menurut BMGK mencapi 35,6 derajat celcius hingga dua hari kedepan/ekofitri

Medan (medanbicara.com)-Beberapa hari ini, suhu panas di Medan dan sekitarnya sangat menyengat. Menurut prakiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara suhu panasnya mencapai 35,6 derajat celcius dan akan terjadi hingga dua hari kedepan.

Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah l Medan, M Syahnan mengatakan, berdasarkan data suhu maksimum dari BBMKG Wilayah 1 Medan, memang tampak bahwa suhu udara di kota Medan meningkat. Bahkan, suhu udara maksimum mencapai 35.6 derajat celcius di kota Medan sejak Selasa (17/10/2017) lalu.

“Hal ini diakibatkan karena aktifnya Tropical Storm yang akhirnya menjadi Typhoon LAN di sekitar Filipina mulai tanggal 16 Oktober 2017 lalu. Aktivitas tersebut mengakibatkan angin di wilayah Sumut bersifat divergen. Yang mengakibatkan potensi awan – awan hujan pun berkurang,” jelasnya, Kamis (19/10).

Bahkan, sambungnya, kecepatan angin di lapisan udara atas pun cukup kencang mencapai 25 knot. Begitu juga dengan kelembaban udara atas rendah, sehingga pertumbuhan awan – awan hujan pun kecil.

“Dan kondisi seperti ini dapat berlangsung sampai 2 hari ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, warga Medan banyak yang memilih untuk tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan. Suhu yang cukup panas menjadi alasannya.

Seperti diungkap seorang ibu rumah tangga, Suriyati (35), warga Medan Denai. Kata dia, panas sudah dirasakannya sejak dua hari yang lalu. Kondisi ini membuat dia dan anak- anaknya sulit tidur siang.

“Panas sekali cuacanya. Gerah sekali, mandipun tak terasa dingin lagi,” ungkap ibu tiga orang anak ini.

Senada dikatakan Anita (31), warga Medan Tuntungan. Dia bahkan mengaku, dinginnya AC di dalam rumah tidak terasa.

“Dinginnya AC pun sudah tak mempan. Panas sekali cuaca hari ini,” ucap dia. (eko fitri)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai