CALEG GOLKAR

Pasca Bom Meledak di Depan Gereja Katedral, Kapolda Sumut: Situasi Kamtibmas Kondusif

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. (Ist/Ant)

MEDAN (medanbicara.com)- Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengungkapkan, situasi kamtibmas di Sumatera Utara pasca kejadian ledakan bom di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) cukup kondusif.

“Situasi kamtibmas di Sumut cukup kondusif,” katanya melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Minggu (28/3/2021).

Hadi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menyikapi peristiwa ledakan bom yang terjadi di Kota Makassar, dan mempercayakan penanganannya kepada Kepolisian.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, Galakkan kembali Keamanan Lingkungan, fungsikan RT RW sebagai deteksi awal di lingkungan terkecil, wajibkan 1×25 jam tamu pendatang wajib lapor, selalu berinteraksi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di desa atau kelurahan masing-masing dalam mengantipasi aksi teror dan laporkan sekecil apapun yang mencutigakan kepada polsek terdekat atau aparat kemanan lainnya,” imbaunya.

Hadi menambahkan, Polda Sumut telah memerintahkan seluruh Kepala Satuan Wilayah (Kapolsek, Kapolres ) untuk memperketat pengamanan setiap markas komando (mako), tempat umum, dan rumah ibadah, Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mengantisipasi terjadi aksi teror.

“Sistem pengamanan yang sudah berjalan selama ini agar diperketat dan dilaksanakan dengan benar,” ujarnya.

Sistem pengamanan yang dilaksanakan dengan melakukan pemeriksan kepada setiap orang yang tidak dikenal saat mendatangi mako.

“Tingkatkan kewaspadaan pengamanan dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror,” pungkas Hadi. (man)

Mungkin Anda juga menyukai