CALEG GOLKAR

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN Dibuka Hingga 27 April 2018  

Ketua Panlok 14 Medan, Prof Rosmayati didampingi Wakil Ketua Panlok saat memaparkan tahapan dan mekanisme pendaftaran SBMPTN di ruang video conference biro rektor USU, Kamis (5/4)./eko fitri

MEDAN (medanbicara.com)-Bagi siswa-siswi yang baru lulus dan ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Medan, diharapkan segera mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mendaftarkan diri masuk PTN. Karena, pendaftaran masuk PTN melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sudah dibuka mulai 5 April 2018 dan ditutup hingga 27 April 2018 mendatang.

SBMPTN adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN dilingkungan Kemenrisetdikti dan Kemenag secara bersama. Tahun ini, SBMPTN diikuti oleh 85 PTN yang terbagi dalam 42 panitia lokal (panlok). Di Medan sendiri, merupakan panlok 14 terdiri dari 4 PTN yakni, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universtas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) dan Universitas Samudera, Langsa.

Ketua Panlok 14 Medan yang juga Wakil Rektor I USU, Prof DR Rosmayati mengatakan, pelaksanaan SBMPTN tahun ini akan menggunakan dua jenis atau model pelaksanaan ujian tertulis, yaitu, Ujian Tulis Berbasis Cetak ( UTBC) dan yang kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Kedua jenis ujian tersebut nantinya dilaksanakan secara serentak dan bersamaan yakni, tanggal 8 Mei 2018 mulai pukul 07.00 WIB di lokasi dan tempat ujian yang telah ditentukan pada saat melakukan pendaftaran. Sedangkan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada Rabu (9 Mei 2018) dan Jum’at (11 Mei 2018),”terangnya saat menggelar pers, diruang video conference biro rektor USU, Kamis (5/4).

Ketua Panlok, Prof Rosmayati didampingi Wakil Ketua Panlok yang juga Wakil Rektor I Unimed, Prof Dr Abdul Hamid dan Wakil Ketua Panlok 2 yang juga Wakil Rektor 1 UINSU, Prof Dr Syafaruddin.

Dijelaskan Rosmayati, untuk melakukan pendaftaran SBMPTN ini, calon peserta diharapkan memahami mekanisme pendaftaran. Untuk itu, diharapkan membaca informasi mengenai SBMPTN di laman http://www.sbmptn.ac.id. Nantinya, calon peserta diminta melakukan pengisian data pada laman tersebut untuk mendapatkan kode akses pendaftaran (KAP), Personal Identification Number (PIN) dan slip pembayaran.

“Untuk mendaftar, peserta dikenakan biaya ujian untuk semua kelompok ujian sebesar Rp. 200.000,- sudah termasuk biaya ujian keterampilan. Calon peserta dapat melakukan pembayaran di bank mitra seperti, Bank Mandiri, BNI dan BTN. Pembayaran biaya seleksi ini harus dilakuan dalam waktu 3x24 jam sejak pencetakan slip pembayaran,"jelasnya.

Kemudian lanjutnya, setelah melakukan pembayaran, peserta dapat menjalankan proses pendaftaran melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Nantinya, peserta akan diminta mengunggah file pasfoto terbaru yang berwarna sesuai ketentuan.

“Terkait dengan foto diri ini harus tampak wajah karena bila foto diri peserta tidak jelas maka dapat didiskualifikasi atau gugur. Pengumuman hasil ujian SBMPTN ini dijadwalkan pada Selasa tanggal 3 Juli 2018 mendatang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan akses laman http://sbmptn.ac.id atau http://halo.sbmptn.ac.id. Bisa juga melalui media sosial facebook http://facebook.com/SekreSBMPTN dan twitter @SekreSBMPTN,”pungkasnya.

Di USU sendiri sebut Rosmayati, daya tampung SBMPTN tahun ini sebanyak 2.374 orang.

Wakil Ketua Panlok 14 Medan, Prof Abdul Hamid menyebutkan, untuk Unimed, daya tampung  mahasiswa baru tahun 2018 tidak jauh berbeda dengan tahub 2017 yaitu, sekitar 5.000an orang. Jumlah itu terdiri dari, jalut SNMPTN sebanyak 1.500 orang, SBMPTN sebanyaj 2.000 orang dan jalur mandiri sebanyak 1.500 orang.

"Tahun ini, Unimed membuka program studi baru yakni, Ilmu Komputer, Pendidikan IPA dan Ilmu Ekonomi,"sebutnya.

Sementara itu di UINSU, tahun 2018 ini daya tampung mahasiswa baru sebanyak 1.680 orang yang terdiri dari 590 orang jalur SNMPTN, 590 orang jalur SBMPTN dan 500 orang dari jalur mandiri.(eko fitri)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai