Petugas Karantina Tak Ada, Kasihan Barang Dibawa Pulang

Petugas Karantina di Bandara KNIA tidak ada sehingga mengecewakan penumpang. (sit)

KUALANAMU (medanbicara.com)- Pelayanan petugas Karantina Bandara Kualanamu dikeluhkan para calon penumpang pesawat. Pasalnya, pada jam kerja petugas tidak ada, sehingga menyulitkan warga yang ingin mengurus izin karantina.

Kondisi ini diduga sudah sering terjadi, namun dianggap sepele pihak terkait. Padahal, calon penumpang yang hendak membawa barang bawaan tumbuhan, hewan dan ikan yang relatif kecil harus mendapatkan izin karantina supaya bisa dibawa masuk ke pesawat.

Seorang penumpang tujuan Jakarta, yangtak mau ditulis namanya mengaku kesulitan. Bahkan dirinya sudah bolak-balik lantai I dan II untuk mengurus izin namun petugas tidak ada.
"Kata petugas ada di Lantai II namun saat saya datang posnya kosong, begitu juga katanya ada di lantai I, ketika saya hendak ke pos itu ternyata sangat sulit dimasuki karena areanya di international," sebutnya.

Menurutnya, dirinya hendak mengurus izin barang bawaan berupa 2 kg sarang burung walet, agar bisa dibawa masuk ke pesawat, namun dengan kondisi ini terpaksa dia mengurut dada, tidak mendapat izin dan dibawa pulang.

"Hendaknya pihak terkait memperhatikan ini,apa lagi kondisinya di Bandara International, orang yang mengurus wajib terlayani dengan baik tidak seperti ini, pos pelayanan ditinggal petugas sehingga menyulitkan," ucapnya

Pantauan wartawan, pos pelayanan Karantina Pertanian dan Ikan yang ada persisi di lantai II pintu keberangkatan sekitar pukul 10.10 Wib memang tidak terlihat petugas di dalamnya, hanya saja di pos karantina ikan terlihat nomor ponsel petugas dipajang.

Humas Karantina Pertanian, Fendi yang dikonfirmasi wartawan via telepon mengaku masih tugas luar di Bandara Silangit. Menurutnya mungkin petugas lagi keliling melakukan kontrol. "Personelnya kan sedikit yang mengisi pos, jadi mereka mungkin pas lagi keliling ke lantai I. Tetapi hal ini akan kami kordinasikan, sehingga petugas ke depan selalu stand by di setiap pos," jawabnya. (sit)

Mungkin Anda juga menyukai