Polisi Gerebek Rumah Diduga Tempat Merakit Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan di Sicanang, 1 Orang Diamankan

BELAWAN (medan bicara.com)-Satu rumah yang dihuni oleh terduga terlibat jaringan teroris dan aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, di Jalan Tambak Canang Kering, Lingkungan 20 Pulo Sicanang, Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, digerebek Tim Densus 88 Mabes Polri, Poldasu dan Polres Pelabuhan Belawan, Selasa (19/11/2019) sekira 16.00 WIB.

Dari rumah dan lokasi tambak tersebut, polisi menyita sejumlah berkas dan sepucuk senjata rakitan. Rumah tersebut dihuni oleh R (52) bersama seorang putranya berinisial HBB (21). HBB disebut-sebut menghilang pasca terjadinya aksi bom bunuh diri yang dilakukan oleh Rabbiul Muslim Nasution (24) Rabu (13/11/2019) sekira jam 08.45 WIB di Markas Polrestabes Medan.

HBB ditangkap oleh Tim Densus 88 di Jalan Yos Sudarso Km 14,2 simpang Aloha Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (19/11/2019) sekira jam 14.00 WIB. Sedangkan ibu kandungnya, Rita diketahui pergi meninggalkan rumahnya, Sabtu (16/11/2019) yang lalu setelah menitipkan kunci rumah kepada tetangganya.

Informasi yang diperoleh di lokasi penggerebekan, sejumlah personel Tim Densus 88, Poldasu dan Polres Pelabuhan Belawan terlebih dahulu memasang garis polisi (police line) di depan rumah. Setelah meminta kunci rumah dari Syamsiar, petugas langsung memeriksa isi rumah. Sekeliling rumah dan dalam rumah. Beberapa jam kemudian, dua personel berpakaian sipil membawa sejumlah berkas dalam satu tas plastik yang diduga bahan pembuatan bom.

Sementara itu, di sekitar lokasi tambak dan gubuk yang diduga sebagai tempat perakitan bom, polisi menemukan sepucuk senjata rakitan. Usai menggeledah rumah tersebut, petugas meninggalkan lokasi sekaligus membongkar garis polisi sehingga warga sekitar bisa melintasi jalan tambak.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan, SH, MH yang dikonfirmasi di lokasi kejadian menyebutkan barang-barang bukti yang diamankan akan dibawa ke Polrestabes Medan.

“Semua barang bukti yang diamankan langsung dibawa ke Polrestabes Medan,” sebut Ikhwan. (lir)

Mungkin Anda juga menyukai