CALEG GOLKAR

PT Inalum Bedah 48 Unit Rumah

LIMAPULUH (medanbicara.com) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum yang merupakan pabrik peleburan aluminium pertama dan satu-satunya di Indonesia, senantiasa berbuat untuk kemaslahatan kawasan di sekitarnya.

Kontribusi nyata diemban Inalum untuk pembangunan dan pengembangan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai program tanggungjawab sosial yang telah disalurkan dan mencakup berbagai bidang.

Kontribusi ini juga terlihat saat Plt. Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih menyerahkan beberapa bantuan untuk Kabupaten Batubara secara simbolis kepada Bupati Batubara, H. RM. Harry Nugroho dan kepada para penerima program di Aula Kantor Bupati Batubara belum lama ini.

Pada kesempatan tersebut Inalum memberikan bantuan berupa Bedah Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 48 rumah. Sedangkan dalam bidangseni, Inalum membangun Sanggar Tari Tradisional di Tanjung Tiram sebanyak 1 unit.

Dalam rangka untuk memberdayakan sumber daya manusia dan mengurangi angka pengangguran, INALUM menyalurkan bantuanmelalui program Kemitraan kepada 24 usaha kecil mikro.

Penyerahan yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati terpilih Kabupaten Batubara, Oky Iqbal Frima, Senior Executive Vice President PengembanganBisnis Inalum, Dante Sinaga dan jajaran manajemen Inalum serta Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Batubara ini menunjukkan Inalum konsisten hadir di Kabupaten Batubara sebagai wilayah tempat Pabrik Peleburan Inalum berdiri.

Dalam kesempatan tersebut Oggy menjelaskan bahwa Inalum terusberkomitmenuntukhadir berkontribusi bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Batubara.

“Inalum berkomitmen menyalurkan bantuan CSR & PKBL yang efektif dan tepat sasaran khususnya di Kabupaten Batubara.Tahun ini anggaran CSR dan PKBL sebesar 39 miliar rupiah dan angka ini naik dari anggaran tahun lalu sebesar 31miliar rupiah.”

“ Tahundepan kami berencana melaksanakan program Pemberantasan Buta Aksara, Peningkatan Kompetensi Guru, Bimbingan Belajar Meningkatkan Nilai UN, Beasiswa, Pemberdayaan pemuda untuk pengolahan Limbah/sampah untuk diproduksi menjadi produk bernilai ekonomi, sertaPembentukan DesaBinaan baru di bawah jalur transmisi.” Jelas Oggy.

Dante menambahkan, selama ini program tanggungjawab sosial Inalum selalu dilaksanakan berdasarkan riset dan survei yang mendalam.

“Dalam menentukan daerah atau penerima bantuan, Inalum selalu berusaha menentukan berdasarkan hasil riset ataupun survei yang mendalam, kami harap bantuan yang selama ini disalurkan Inalum dapat bermanfaat dalam jangka panjang dan tepat sasaran”, ungkap Dante.

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Batubara melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 1.073 penerima beasiswa.

Pelatihan usaha kreatif bagi pemuda/i di sekitar pabrik peleburan,program operasi katarak dan operasi bibir sumbing bagi masyarakat kurang mampu di sekitar pabrik peleburan, pemberdayaan petani di desa-desasekitar jalur transmisi, pembuatan Posyandu, Sumur Bor, dan Jamban/MCK untuk masyarakat, Peningkatan skill pemuda/i di bidang Operasi Alat Berat, Las, Konveksi, dan Pelatihan Security, Pembangunan Masjid Al-Anshor di Desa Pelanggiran Laut Tador serta Pengembangan Desa Wisata Pantai Kualo Tanjung Indah Desa Kuala Indah.

Sedangkan di Kabupaten Simalungun, PT Inalum memberikan kontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelestarian alam, termasuk di wilayah yang berada di sekitar Danau Toba.

Kabupaten Simalungun sebagai salah satu wilayah yang berada di sekitar Danau Toba dan dilalui oleh jaringan transmisi Inalum turut menerima bentuk nyata semangat Inalum dalam hadir untuk negeri.

Semangat ini diwujudkan Inalum dalam berbagai program tanggungjawab sosial yang mencakup berbagai bidang. Di bidang pendidikan dan keagamaan, produsen aluminiumini membantu renovasi Taman Bacaan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Simalungun dan turutmembangun Islamic Center di Masjid Al Munawwarah di kota Perdagangan.

Pada bidang pelestarian lingkungan, Inalum bersama dengan Dinas Lingkungan dan Kehutanan menggagas revitalisasi lahan melalui penanaman pohon di area seluas 10 hektar di Desa Sirube-rube.

Program ini diserahkan secara simbolis olehPlt. DirekturPelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih kepadaWakil Bupati Simalungun, Ir. H. Amran Sinaga, M.Si dan kepada para penerima program di Aula Kantor Bupati Simalungun, Kamis (19/12).

Hadir Senior Executive Vice President Pengembangan Bisnis Inalum Dante Sinaga serta jajaran manajemen Inalum dan Kepala Dinas di lingkungan pemerintahan Kabupaten Simalungun.

Oggy menjelaskan, Inalum terus berkomitmen untuk menjadi mitra pemerintah dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat.

Selain bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut, Inalum sebelumnya juga telah berkontribusi bagi Kabupaten Simalungun melalui bantuan beasiswa 2017 untuk tingkat SD, SMP, SMA, D3, S1, S2 sebanyak 798 penerima beasiswa, program pembibitan dan penanaman pohon di Kecamatan Dolok Pardamean, program rehabilitasi lahan kritis di daerah tangkapan air Danau Toba serta pembuatan Posyandu, Sumur Bor, dan Jamban/MCK untuk masyarakat. (rel/za)

Mungkin Anda juga menyukai