CALEG GOLKAR

Puasa Lebih Awal, Jemaah Naqsabandiyah Sudah Rayakan Idul Fitri

Jemaah Naqsabandiyah rayakan Idul Fitri hari ini. (dtc)

PADANG (medanbicara.com)-Jemaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat merayakan Idul Fitri, Senin (3/6/2019) hari ini. Pada Minggu (2/6/2019), mereka telah menggelar takbiran.

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Padang, Syafri Malin Mudo menjelaskan mereka sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Menurut Syarif, mereka memulai puasa terlebih dahulu.

"Lebarannya tanggal 3 (Juni), karena puasa kami sudah 30 hari. Kami memulai memang lebih awal, sesuai hisab yang sudah turun temurun," kata Syafri, Minggu (2/6/2019).

"Puasa kami tetap 30 hari. Walaupun naik, walaupun turun. Kenapa puasa 30 hari? Karena kata Rasulullah, siapa yang puasa 30 hari dan 6 hari syawal, maka sama dengan puasa 1 tahun," imbuh dia.

Pantauan wartawan sejak Minggu (2/6), lantunan takbir sudah bergema di Musala Baitul Mammur, di Kelurahan Binuang Kampung Dalam, Pauh, Padang. Takbir ini menandakan berakhirnya puasa Ramadhan 1440 H.

Penganut Tarekat Naqsabandiyah tersebar di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat. Pengikutnya diperkirakan berjumlah lebih dari 5.000 orang.

Naqsabandiyah merupakan satu dari tiga tarekat yang berkembang di Sumatera Barat. Selain Naqsabandiyah juga terdapat Tarekat Sattariyah dan Kastariyah. Bedanya, jika Naqsabandiyah biasanya lebih awal, sementara Sattariyah dan Kastariyah justru lebih lambat dari pemerintah. (dtc)

Mungkin Anda juga menyukai