CALEG GOLKAR

Rabu, 1.252 Mahasiswa UINSU Di Wisuda 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSU Prof Dr Syafaruddin M.Pd didampingi Ketua Panitia Mengaji Indonesia Dr Syafruddin Syam M.Ag, Kepala Biro AAKK H Iwan Zulhami SH MAP, Staf Ahli Bidang Komunikasi UINSU Dr Anang Anas Azhar, dan Kasubbag Humas dan Informasi Yunni Salma MM menuturkan kepada wartawan terkait pelaksanaan wisuda dan Mengaji Indonesia dalam temu pers di kampus Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Senin (9/4) / eko fitri

 

MEDAN (medanbicara.com)-Tahun ini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), akan mewisuda sekitar 1.252 mahasiswanya, Rabu (11/4) mendatang. Wisuda ke 67 ini dilaksanakan di kampus II UINSU, jalan Williem Iskandar V, Medan Estate.

Ketua Panitia wisuda yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSU, Prof Dr Syafaruddin menyebutkan, ke 1.252 mahasiswa yang akan di wisuda terdiri dari, Pascasarjana S3 sebanyak 43 orang, Pascasarjana S2 sebanyak 170 orang, Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan 484 orang, Fakultas Syari'ah dan Hukum sebanyam 182 orang, Fakuktas Dakwah dan Komunikasi 75 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 223 orang dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam sebanyak 75 orang.

"Nantinya, acara wisuda akan dihadiri oleh Gubernur Sumut, Walikota Medan dan unsur muspida lainnya. Dengan di wisudanya 1.252 mahasiswa hari Rabu nanti, maka hingga saat ini, jumlah total sarjana UINSU  sebanyak 42.998 orang,"sebut Syafaruddin saat temu pers di ruang sidang Biro Rektor UINSU, Senin (9/4).

Hadir pada temu pers itu Ketua Panitia Mengaji Indonesia Dr Syafruddin Syam M.Ag, Kepala Biro AAKK (Administrasi Akademik Kerjasama dan Kemahasiswaan) H Iwan Zulhami SH MAP, Staf Ahli Bidang Komunikasi UINSU Dr Anang Anas Azhar, dan Kasubbag Humas dan Informasi Yunni Salma MM.

Disebutkan Syafaruddin, wisuda yang ke 67 ini akan dibagi dua sesi yaitu, sesi pertama akan dilaksanakan pukul 07.30 wib sampai dengan pukul 12.00 wib. Kemudian, pada sesi keda akan dilaksanakan pukul 13.30 wib sampai dengan pukul 16.00 wib.

Mengaji Indonesia

Disamping wisuda sarjana, UINSU juga akan menggelar acara Mengaji (mengasah jati diri) Indonesia dihari yang sama. Namun, dilaksanakan pada malam hari sekitar pukul 19.00 wib di kampus I UINSU jalan Sutomo Ujung, Medan. Program Mengaji ini merupakan program dari Kementerian Agama RI bekerjasama dengan UINSU yang mengusung tema "Kita Indonesia, Kita Berbudaya".

"UINSU, Medan ini dipilih oleh Kemenag RI sebagai penyelenggara acara Mengaji Indonesia yang kedua setelah UIN Sunan Ampel, Surabaya sebagai penyelenggara perdana. Acara ini nantinya akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Siafuddin,"sebut Ketua Panitia Mengaji Indonesia, Syafruddin Syam.

Syafruddin mengatakan, saat ini telah terjadi perubahan pemikiran berbangsa masyarakat Indonesia. Padahal, dari sejak dulu masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berbudaya, bersahaja dan memiliki etika ketimuran. Namun, seiring perkembangan yang ada, budaya yang menjadi ciri khas bangsa ini tergerus.

"Untuk itulah, kita perlu mengkajinya. Oleh karena itu, kegiatan Mengaji Indonesia ini sangat penting dilaksanakan. Karena, kita ingin bangsa ini kembali menjadi bangsa yang berbudaya, yang tidak mudah marah, tidak mudak terprovokasi, bangsa yang bergotonh royong dan berorientasi kebersamaan untuk mengurangi perbedaan,"bebernya.

Dikatakan Syafruddin, acara Mengaji Indonesia yang akan dihadiri kurang lebih 5.000 orang ni akan dihadiri narasumber seperti, Prof Dr KH Saidurrahman (Rektor UINSU), Habib Jidan bin Novel (ulama) dan Yudi Latief, MA. Ph.D (cendikiawan muda Indonesia). Tidak hanya itu, acara ini jiga akan dihibur oleh bintang tamu, Indah Nevertari, pemenang Rising Star asal Sumut. Sedangkan yang menjadi hostnya adalah Menteri Agama RI, Lukman Hakim Siafuddin.

"Kita berharap, melalui kegiatan ini kita dapat memberikan gagasan  kebangsaan kepada masyarakat dan nilai-nilai keIndonesiaan bisa disemai, karena selama ini kita hidup dalam pengkotak-kotakan. Kita juga berharap, masyarakat dapat mendukung kegiatan ini,"pungkasnya. (eko fitri)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai