CALEG GOLKAR

Sail Nias di Kota Gunungsitoli Gelar Festival Kopi Nusantara dan Kreatifitas Seni Budaya

Sail Nias di Kota Gunungsitoli menggelar Festival Kopi Nusantara (ist)

GUNUNGSITOLI (medanbicara.com)-Salah satu agenda besar Sail Nias 2019 di Kota Gunungsitoli yakni Festival Kopi Nusantara digelar. Dirangkai dengan Festival Kreativitas Seni Budaya Nias yang dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo beserta rombongan, di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, Rabu (11/9/2019).

Festival Kopi Nusantara dan Festival Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli mengangkat Tema “Ta ehao Gunungsitoli” menghadirkan berbagai Kreatifitas Kopi dari penjuru Nusantara dan seni penyajiannya yang dipusatkan di arena Pusat Jajanan Malam Kota Gunungsitoli.

Sedangkan Festival Kreativitas Seni Budaya diisi dengan kegiatan Lomba Maena yang diikuti oleh 18 grup mencakup pelajar dan instansi se-Kota Gunungsitoli dipusatkan di arena Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli, Lakhomizaro Zebua menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo dan seluruh rombongan yang telah berkenan datang dan hadir dalam Festival Kopi Nusantara dan Kreativitas Seni Budaya Nias di Kota Gunungsitoli sebagai rangkaian pelaksanaan Sail Nias.

Walikota Lakhomizaro mengatalan, Kota Gunungsitoli memiliki potensi kekayaan kuliner yang beraneka ragam, termasuk kopi yang khas dan berbeda dari daerah lainnya.

Lakhomizaro menilai pengembangan potensi kopi nusantara dan menampilkan atraksi budaya merupakan upaya mempromosikan kekayaan budaya dan kepariwisataan Kepulauan Nias kepada dunia lokal maupun internasional.

Festival Kopi Nusantara diisi dengan atraksi band, layar tancap yang disediakan untuk nonton bareng pengunjung, game/ permainan interaktif, talkshow dan rangkaian acara lainnya.

Ia juga mengucapkan tetima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersinergi dan ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan Festival Kopi Nusantara di Kota Gunungsitoli.

"Semoga kerjasama yang penuh rasa kekompakan dan kekeluargaan ini terus berkelanjutan hingga di masa yang akan datang demi memajukan Kepulauan Nias yang amat kita cintai ini," katanya.

Dirjen PDT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Samsul Widodo menyampaikan ungkapan terimakasih atas antusiasme dari Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Kepala Daerah lainnya beserta segenap unsur Forkopimda dan masyarakat di Kota Gunungsitoli atas perhelatan akbar Festival Kopi Nusantara.

Samsul Widodo berharap agar moment ini dapat menjadi wadah pemersatu seluruh anak bangsa dalam rangka memajukan daerah Kepulauan Nias dan NKRI pada umumnya.

Ia menjelaskan, dalam Festival Kopi Nusantara diikuti oleh perwakilan daerah se-Indonesia akan menampilkan berbagai varian kopi beserta teknik penyajiannya.

Meningkatkan produk kopi sebagai salah satu kuliner di Kota Gunungsitoli dipandang perlu untuk menambah khazanah dan edukasi cara mengolah kopi yang baik sehingga memiliki nilai lebih dari cita, rasa hingga penyajiannya.

Sehingga punya daya tarik tersendiri dan ini telah menjadi trend masa kini yang digemari tidak hanya kawula muda akan tetapi seluruh golongan.

Menurut Samsul Widodo, hal ini sebagai upaya memaksimalkan Kota Gunungsitoli dan Kepulauan Nias pada umumnya sebagai salah satu daerah wisata yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri untuk dipromosikan menjadi destinasi wisata baik lokal maupun internasional.

Diharapkan even ini dapat memberikan efek positif bagi masyarakat, khususnya percepatan pertumbuhan perekonomian masyarakat, pelaku usaha/pedagang, pemilik usaha jasa/akomodasi/perhotelan dan perkembangan wisata alam, wisata kuliner dan wisata budaya di Kepulauan Nias. (sua)

Mungkin Anda juga menyukai