CALEG GOLKAR

Sinusitis Kronis Sering Pengaruhi Anak-Anak

MEDAN (medanbicara.com). Selain menyerang orang dewasa, penyakit Sinusitis kronis dan sinusitis akut juga bisa menyerang anak anak.

Hal ini dikatakan, dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, dr Wijaya Juwarna SpTHT-KL, Jumat (24/11).

“Penyakit sinusitis kronis paling sering mempengaruhi orang dewasa muda dan setengah baya, tetapi juga dapat mempengaruhi anak-anak,” ujarnya.

Dijelaskan, dr Wijaya yang juga Ketua IDI Cabang Kota Medan ini, penyakit sinusitis kronis merupakan radang dan bengkak pada hidung selama dua bulan atau lebih, meskipun upaya pengobatan sudah dilakukan. Sinusitis biasa disebut dengan rinosinusitis kronis, kondisi tersebut dapat mengganggu pernafasan dan menyebabkan lendir atau dahak.

Jika terkena sinusitis kronis, cici-ciri yang paling sering keluar adalah kesulitan bernafas melalui hidung.

“Daerah sekitar mata dan wajah terasa bengkak, dan anda mungkin memiliki rasa sakit pada area wajah seperti berdenyut dan sakit pada kepala," katanya.

Selain itu, sinusitis kronis dapat disebabkan infeksi, tetapi juga dapat disebabkan oleh sinus (polip hidung) atau bisa juga disebabkan oleh septum hidung yang tidak normal. Jika dua ciri-ciri dan gejala berikut ada, maka kemungkinan terkena penyakit sinusitis kronis.

"Tanda-tanda dan gejala penyakit sinusitis lainnya, sakit telinga, sakit di rahang atas dan gigi, batuk yang mungkin lebih buruk di malam hari, sakit tenggorokan, susah bernafas (halitosis), kelelahan atau mudah marah dan mual," ujarnya.

Tanda-tanda dan gejala sinusitis kronis mirip dengan sinusitis akut, kecuali penderita bertahan lebih lama dan sering menyebabkan kelelahan yang lebih siginifikan. Demam bukanlah tanda umum dari sinusitis kronis, karena mungkin dapat dikaitkan dengan sinusitis akut.

"Anda mungkin memiliki beberapa langkah untuk dapat terkena sinusitis akut yang berlangsung kurang dari empat minggu, sebelum menjadi sinusitis kronis. Anda mungkin akan dirujuk ke dokter ahli alergi atau telinga, hidung dan tenggorokan spesialis untuk evaluasi dan juga pengobatan," ucapnya.

Ia mengimbau penderita temui dokter jika sudah lebih satu minggu merasakan sinusitis dan tidak sembuh dengan pengobatan biasa.

"Segera datangi dokter jika memiliki gejala yang mungkin merupakan tanda dari infeksi sinusitis seperti nyeri atau bengkak di sekitar mata, dahi bengkak, kebingungan, penglihatan ganda atau perubahan pendangan mata lainnya, leher kaku, dan sesak nafas," tandasnya. (fatimah)

Mungkin Anda juga menyukai