Tropi Liga Champions. (AP)
Loading...

INGGRIS (medanbicara.com)-Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, Liga Premier Inggris mengirim 4 wakilnya di babak 8 besar Liga Champions 2018/2019. Liverpool menjadi tim terakhir yang lolos setelah berhasil menjungkalkan tuan rumah Bayern Munchen dengan skor 3-1 (14/3).

Sebelumnya, Tottenham Hotspurs, Manchester United dan Manchester City berhasil memastikan lolos terlebih dahulu. Ini menjadi pertama kalinya Liga Premier Inggris mengirim 4 wakilnya sekaligus di babak perempat final sejak musim 2008/2009.

Pada musim tersebut, Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester United berhasil melangkah ke 8 besar. Bahkan, 3 di antara mereka sukses melangkah ke fase semifinal dan mengerucut menjadi Manchester United saja yang sampai ke babak final. Namun, Barcelona mengunci gelar pada musim tersebut.

Menurut Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, kelolosan 4 tim Liga Inggris menjadi hal yang baik bagi persepakbolaan Inggris. Hal serupa juga diungkapkan Pat Nevin, mantan pemain Chelsea. Nevin mengatakan secara kualitas pemain dan sumber daya uang, seharusnya tim-tim Inggris mampu mendominasi kompetisi Eropa.

“Tahun ini, kami memiliki empat tim Inggris yang tersisa, yang merupakan situasi yang saya pikir harus kami miliki untuk sementara waktu. Mereka semua adalah pemenang potensial juga, terutama City, karena kedalaman skuad mereka,” ungkapnya pada Radio 5 BBC live.

“Mereka harus mendominasi, dengan uang yang kami miliki dalam permainan kami dan pemain sekaliber yang telah datang ke Liga Premier, tetapi Chelsea adalah tim Inggris terakhir yang memenangkan Liga Champions, pada 2012,” katanya.

Sejak terakhir Chelsea menjuarai Liga Champions 2011/2012, praktis tidak ada tim Inggris yang menjuarai kompetisi paling elit di Eropa ini. Hanya Liverpool, tim Inggris terakhir yang mampu melaju ke babak final setelahnya. Namun The Reds harus takluk dari Real Madrid di babak final.

Dalam lima musim kompetisi terakhir wakil-wakil Spanyol tampil sangat dominan. Real Madrid berhasil menggondol 4 kali The Big Ears serta berlabuh sekali ke Camp Nou, markas Barcelona pada musim 2014/2015.

Selain empat wakil Inggris di atas, Spanyol hanya mengirim satu wakil yakni Barcelona. Begitu juga dengan Italia, Portugal dan Belanda yang diwakili oleh Juventus, FC Porto dan Ajax Amsterdam. Sementara Jerman dan Perancis gagal mengirimkan satu pun wakilnya ke babak 8 besar ini.

Jadwal undian babak 8 besar Liga Champions 2018/2019 akan digelar pada Jumat (15/3/2019) pukul 18.00 WIB di Nyon, Swiss. Delapan tim terbaik akan diundi secara acak.

Leg pertama perempat final akan dilangsungkan pada 9/10 April. Sementara leg kedua akan berlangsung pada 16/17 April. Berselang dua minggu kemudian (30 April/1 Mei) babak semifinal akan dipertandingakan. Berjarak satu minggu setelahnya (7/8 Mei), leg kedua semifinal akan digelar. Partai final sendiri akan dilangsungkan di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid pada (2/6).

Fase 16 besar Liga Champions kali musim ini banyak diwarnai dengan hasil-hasil menarik. Ada empat laga yang dibumbui comeback tim yang tertinggal lebih dahulu pada leg pertama.

FC Porto berhasil membalikkan ketertinggalan 1-2 dari AS Roma di leg pertama. Bertanding di Stadion do Dragao, Moussa Marega dan kawan-kawan sukses menang dengan skor akhir 3-1 dan membuat agregat skor menjadi 4-3.

Kejutan juga terjadi di Paris, kala Manchester United berhasil membalikkan keadaan kalah 0-2 di leg pertama dari PSG. Di bawah arahan Ole Gunnar Solkjaer, Setan Merah berhasil menang dengan skor 3-1. Gol kemenangan MU dicetak Marcus Rashford melalui titik putih dipengujung laga.

Tak sampai di situ, Juventus dan Ajax Amsterdam juga menelan kekalahan di leg pertama dan balik menang di leg kedua. Jika Juventus menyingkirkan Atletico Madrid, Ajax dengan gemilang menyingkirkan juara bertahan, Real Madrid dengan skor 4-1 di Bernabeu usai kalah 1-2 di Johan Cryuff Arena dalam leg pertama.

Hanya Manchester City dan Tottenham yang lolos dengan mulus. Kedua tim asal Inggris itu sama-sama menyingkirkan dua wakil Jerman. Jika City membekuk Schalke dengan skor agregat 10-2, Spurs sukses mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor agregat 4-0. (tid)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY