Gilas Timor Leste 4-1, Timnas Jaga Asa

VIETNAM (medanbicara.com)- Timnas Indonesia berhasil menjaga asa lolos fase Grup A SEA Games dengan mengalahkan Timor Leste 4-1, digelar di Stadion Viet Tri, Selasa (10/5/2022) malam WIB.

Kemenangan 4-1 Timnas Indonesia atas Timor Leste ini pula memulihkan mental Marc Klok dan kawan-kawan pasca kalah dari Vietnam di laga pertama untuk terus bersaing merebut tiket ke semifinal.

Hasil tiga poin Timnas Indonesia atas Timor Leste ini untuk sementara bercokol di posisi empat di bawah Myanmar, Vietnam, Filipina.

Skuad Garuda Merah Putih U23 baru mengumpulkan tiga poin dari dua laga babak penyisihan SEA Games 2022 ini.

Dari sisi susunan pemain, Shin Tae-yong tak merubah komposisi seperti apa yang diturunkan kala dikalahkan Vietnam Jumat lalu.

Full back kanan yang menjadi sorotan atas kekalahan itu, Rio Fahmi kembali dipercaya turun sejak menit awal.

Sementara di bangku cadangan, Shin Tae-yong tidak mau ambil resiko untuk memaksakan menurunkan Asnawi Mangkualam Bahar yang kondisinya belum fit.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu pun mengistirahatkan winger eksplosif sekaliber Sadil Ramdani dan memilih untuk menaruh Irfan Jauhari di ujung tombak.

Sementara di belakang Irfan terdapat duet Egy Maulana dan Witan Sulaeman.

Di lima menit awal, Timnas Indonesia ditekan habis-habisan oleh Timor Leste. Salah satu peluang terbuka yang didapat anak asuh Fabio Da Silva yakni di menit kedua setelah salah satu pemainnya dijatuhkan Marc Klok di kotak terlarang.

Tembakan dua belas pas yang didapat saat laga baru berjalan itu mampu ditahan oleh sang kiper asal Persebaya, Ernando Ari.

Tak ingin terus-terusan dipress oleh Timor Leste, akhirnya Indonesia berbalik mendominasi di menit 14. Beberapa kesempatan sepak pojok diciptakan salah satunya berbuah gol.

Bermula dari sepak pojok ketiga dalam satu menit, dari kiri pertahanan Timor Leste, Rizky Ridho mendapat umpan matang yang kemudian mengirim pada tiang jauh oleh sundulannya pada Egy Maulana yang bebas.

Tanpa pengawalan Egy memecahkan kebuntuan Timnas Indonesia atas Timor Leste menjadi 1-0. Pasca Egy menciptakan gol pertama, beberapa peluang emas pun berhasil ia ciptakan. Kurang lebih 3 kesempatan setelahnya gagal diselesaikan punggawa FK Senica ini.

Selain Egy pun beberapa pemain lainnya seperti Ricky Kambuaya, Fakhrudin, Witan, dan sejumlah pemain lainnya tak ingin ketinggalan mencoba peruntungan.

Sayangnya beberapa percobaan tersebut nihil, alhasil babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Timnas Indonesia dengan satu gol.

Di babak kedua, Shin Tae-yong mulai memainkan sejumlah pemain andalannya. Asnawi Mangkualam masuk gantikan Rio Fahmi, dan Sadil Ramdani mengganti Egy Maulana.

Keduanya membawa angin segar bagi penyerangan Timnas Indonesia. Permainan kombinasi antar lini lebih cair dengan kombinasi umpan terobosan menuju Witan atau Irfan Jauhari.

Indonesia kembali bisa menggandakan keunggulan pada menit 51 melalui Witan Sulaeman. Bermula dari lemparan kedalam Aleandra Dewangga, kompatriot Egy di Senica ini berhasil mencocor gawang Junildo.

Menit 58 Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 3-0. Kali ini yang menambah pundi-pundi gol asuhan Shin Tae-yong adalah Fakhrudin yang Memanfaatkan kemelut di depan muka gawang Junildo.

Menit 66 Muzinho memperkecil ketertinggalan. Memanfaatkan kesalahan dari Sadil Ramdani yang gagal passing. Pemain Timor Leste mengirim terobosan pada pemain bernomor 10 ini.

Witan Sulaeman kembali mencatatkan namanya di papan skor. Ia berhasil memanfaatkan cutback dari Sadil Ramdani dengan satu kali sentuhannya menuju pojok kiri gawang Timor Leste yang gagal diselamatkan Junildo.

Kemenangan 4-1 atas Timor Leste ini menjaga asa Timnas Indonesia untuk lolos ke fase berikutnya dalam gelaran SEA Games yang dihelat di Vietnam. (bd/id)

Mungkin Anda juga menyukai