Grup Wakil Neraka Rontok Semua, Inggris, Italia, Spanyol Ditantang Tim Kuda Hitam, Ini Jadwal Perempatfinal

LONDON,medanbicara.com – Babak 16 besar Piala Eropa 2020 telah menyelesaikan semua pertandingannya. Banyak kejutan terjadi, salah satunya adalah gugurnya tim-tim besar yang lolos dari Grup F.

Sebelum turnamen dimulai, Grup F disebut sebagai grup neraka karena berisikan Portugal, Prancis dan Jerman. Satu tempat tersisa di Grup F diisi oleh Hungaria.

Pertandingan antara Portugal, Prancis, dan Jerman dapat dikategorikan sebagai final kepagian. Ketiga tim itu pun saling jegal untuk mengamankan tiket ke 16 besar.

Prancis akhirnya keluar sebagai juara Grup F dengan koleksi lima poin. Jerman dan Portugal sama-sama mengoleksi empat poin, tetapi Der Panzer -julukan Jerman- berhak atas posisi kedua karena unggul head-to-head. Lalu, Hungaria menjadi juru kunci.

Prancis dan Jerman lolos langusung ke 16 besar, sedangkan Portugal melalui jalur empat tim peringkat tiga terbaik. Prancis, Jerman, dan Portugal diharapkan melaju ke fase berikutnya karena status mereka sebagai unggulan.

Namun, Prancis, Jerman, dan Portugal justru gagal memenuhi ekspektasi itu. Selecao das Quinas -julukan Portugal- menjadi wakil Grup F pertama yang gugur usai kalah tipis 0-1 dari unggulan lainnya, Belgia.

Selanjutnya, giliran Prancis yang harus angkat koper dari Piala Eropa 2020. Les Bleus -julukan Prancis- kalah 4-5 dari Swiss dalam drama adu penalti. Padahal, Prancis sempat unggul 3-1 hingga menit ke-80, tetapi mereka tidak bisa mempertahankan skor itu hingga pertandingan berakhir.

Sementara itu, Jerman baru saja gugur dari Piala Eropa 2020. Bertanding di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa 29 Juni 2021, malam WIB, Jerman kalah 0-2 dari The Three Lions -julukan Inggris.

Jerman bermain buruk dalam pertandingan itu meski sedikit unggul dalam penguasaan bola. Der Panzer kembali kesulitan untuk mencetak gol, seperti waktu berlaga di Grup F.

Inggris juga tidak terlalu tajam di turnamen ini karena baru mencetak dua gol sebelum bertemu Jerman. Akan tetapi, The Three Lions lebih efektif dalam pertandingan kemarin malam sehingga bisa mencetak dua gol melalui aksi Raheem Sterling (75’) dan Harry Kane (86’). Dengan hasil itu, Grup F tidak memiliki wakil di perempatfinal Piala Eropa 2020.

Piala Eropa 2020 sudah memasuki babak delapan besar. Berikut jadwal perempatfinal Euro 2020 yang salah satunya menggelar duel Belgia vs Italia.

Ukraina jadi tim terakhir yang memastikan melaju ke perempatfinal usai mengalahkan Swedia dengan skor 2-1 lewat babak perpanjangan waktu di Hampden Park, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Beberapa jam sebelumnya, Inggris juga meraih tiket delapan besar setelah melewati adangan Jerman. The Three Lions menang dua gol tanpa balas.

Dengan kelolosan Inggris dan Ukraina, lengkap sudah delapan tim peserta perempatfinal. Duel sengit akan tercipta ketika dua calon juara, Belgia dan Italia bertemu di Allianz Arena, Munich, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB besok.

Belgia memang jadi calon kuat juara, tapi patut diingat bahwa mereka punya rekor pertemuan buruk dengan Italia. Apalagi Gli Azzurri sedang panas-panasnya bersama Roberto Mancini karena 31 laga tanpa kalah.

Yang tak kalah serunya adalah duel pembuka perempatfinal antara Swiss kontra Spanyol di Kretovsky stadium, St Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam WIB. Spanyol memang diuunggulkan mengingat kualitas pemainnya yang luar biasa, namun Swiss bisa mengejutkan layaknya saat menyingkirkan juara dunia Prancis lewat adu penalti.

Setelah itu laga perempatfinal lainnya di Olympic stadiu, Baku, Sabtu (3/7) malam WIB antara dua kuda hitam Republik Ceko kontra Denmark. Ceko menyingkirkan Belanda di babak 16 besar, sementara Denmark melibas Wales.

Duel perempatfinal terakhir akan mempertemukan Ukraina kontra Inggris di Olimpico stadium, Minggu (4/7) dini hari WIB. (dtc/bol)

Berikut jadwal perempatfinal Euro 2020.

Jumat (2/7/2021)
Swiss vs Spanyol
23.00 WIB
Kretovsky stadium, St Petersburg

Sabtu (3/7/2021)
Belgia vs Italia
02.00 WIB
Allianz Arena, Munich

Republik Ceko vs Denmark
23.00 WIB
Olympic stadium, Baku

Minggu (4/7/2021)
Ukraina vs Inggris
02.00 WIB
Olimpico stadium, Roma

Mungkin Anda juga menyukai