Kejutan! Inggris Bantai Iran 6 Gol

Ig

QATAR (medanbicara.com)- Start bagus ditorehkan Inggris di Piala Dunia 2022, Qatar. Berhadapan dengan Iran di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022), Inggris menang dengan skor telak, 6-2.

Gol-gol di laga ini dicetak Jude Bellingham (35′), Bukayo Saka (43′ dan 62′), Raheem Sterling (45+1′), Marcus Rashford (71′), dan Jack Grealish (90′) buat Inggris. Sementara, Mehdi Taremi memborong dua gol Iran di laga ini (65′, 90+10′).

Sejak awal laga, Inggris langsung memegang kendali permainan. Sesuai prediksi, Harry Maguire dan Raheem Sterling turun sejak menit pertama laga. Hadirnya dua pemain ini hadirkan tanda tanya tersendiri.

Terlepas dari itu, Inggris tetap tampil dominan. Mereka menguasai aliran bola sedemikian rupa, dan tidak membiarkan Iran menguasai bola. Dominannya Inggris ini tak lepas dari Iran yang memilih untuk main menunggu.

Kendati tampil dominan, Inggris urung mencetak gol hingga menit 30 laga. Blok rendah yang diterapkan Iran membuat Inggris kesulitan masuk ke kotak penalti. Tak jarang, enam sampai tujuh pemain Iran berada di dalam kotak.

Pada menit 35, pertahanan Iran akhirnya bobol juga. Berawal dari pergerakan Luke Shaw di sisi kiri, Jude Bellingham membobol gawang Iran lewat sundulannya. Skor berubah 1-0. Permainan Inggris pun jadi lebih ringan sekarang.

Gol kedua Inggris pun lahir pada menit 43. Berawal dari umpan manis Maguire, Bukayo Saka sukses melepas tembakan yang membobol gawang Iran. Skor berubah 2-0. Inggris masih belum berhenti. Pada menit 45+1, mereka menambah gol.

Bermula dari serangan cepat yang diinisiasi Bellingham, Harry Kane mengirimkan umpan yang dieksekusi dengan manis oleh Sterling menjadi gol. Skor berubah 3-0, dan skor ini bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Iran melakukan banyak perubahan. Mereka memasukkan Saeed Ezatolahi, Hossein Kanaanizadean, dan Ali Ghoziladeh. Masuknya mereka diharapkan dapat menyegarkan Iran.

Memang, hadirnya para pemain baru ini membuat Iran tampil lebih menekan. Akan tetapi, tidak seperti babak pertama, mulai tercipta ruang-ruang kosong di lini pertahanan Iran. Ruang-ruang inilah yang dimanfaatkan Inggris untuk menyerang balik.

Gol pun kembali hadir untuk skuad Inggris di menit 62. Berawal dari pergerakan Sterling, Saka melakukan manuver di area kotak penalti Iran yang diakhiri sepakan kaki kiri yang mematikan. Skor berubah 4-0 untuk Inggris.

Iran tidak menyerah. Pada menit 65, mereka memperkecil ketertinggalan. Berawal dari umpan matang Gholizadeh, Taremi membobol gawang Inggris lewat sepakan kerasnya. Skor berubah 1-4, Iran masih tertinggal.

Kebobolan, Inggris langsung melakukan perubahan. Selain memasukkan Eric Dier untuk mengganti Maguire yang cedera, mereka memasukkan juga Phil Foden, Marcus Rashford, dan Jack Grealish. Masuknya mereka langsung membawa angin segar.

Pada menit 71, Rashford menerima umpan apik dari Kane. Dengan sedikit manuver, penggawa Manchester United itu sukses mencetak gol ke gawang Iran lewat sepakannya. Skor berubah 5-1, Inggris menambah keunggulan.

Unggul empat gol kembali, Inggris bermain lebih nyaman. Mereka mengatur aliran bola begitu rapi, meski mendapatkan tekanan ketat dari para pemain Iran. Hadirnya Foden, Dier, dan Grealish membuat Inggris bisa lebih lama menahan bola.

Di sisa waktu babak kedua, praktis Iran kesulitan menembus pertahanan Inggris. Selain karena manuver serangan mereka yang tersendat, Inggris juga lebih banyak menguasai bola. Mereka tak membiarkan Iran lama-lama memegang bola.

Tak berhenti sampai di situ, pada menit 90 Inggris mencetak gol kembali. Callum Wilson, yang masuk di babak kedua, sukses memberikan assist bagi gol yang dicetak oleh Grealish. Skor berubah 6-1, Inggris makin berjaya.

Tepat jelang laga tuntas, Iran memperkecil ketertinggalan lewat sepakan penalti Taremi. Skor 6-2 untuk keunggulan Inggris atas Iran bertahan sampai laga tuntas. The Three Lions mengawali perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 dengan apik. (idn)

Mungkin Anda juga menyukai