Leg I Semifinal Piala AFF 2021, Indonesia vs Singapura Malam Ini, Awas! Singapura Sudah Punya Senjata Ampuh

SINGAPURA (medanbicara.com)-Berdasarkan jadwal semifinal Piala AFF 2020, leg pertama timnas Indonesia vs Singapura bakal berlangsung di National Stadium pada Rabu (22/12/2021) malam WIB. Pertandingan timnas Indonesia vs Singapura di semifinal Piala AFF 2020 ini dapat disaksikan melalui siaran langsung RCTI.

Duel Timnas Indonesia lawan Singapura merupakan duel antara tim paling subur melawan tim paling minim gol di antara empat semifinalis Piala AFF.

Timnas Indonesia sukses menggelontorkan 13 gol dalam perjalanan mereka menuju babak semifinal. Hanya ada satu pertandingan ketika Skuad Garuda tidak bisa mencetak gol yaitu ketika imbang lawan Vietnam 0-0.

Selebihnya, Timnas Indonesia selalu pesta gol ke gawang lawan. Ezra Walian dan kawan-kawan menang 4-2 atas Kamboja, menaklukkan Laos 5-1, dan membungkam Malaysia dengan skor 4-1.

Torehan 13 gol selama fase grup membuat Timnas Indonesia jadi tim paling subur di antara semifinalis Piala AFF lainnya.

“Saya menonton laga Singapura vs Thailand secara langsung. Singapura kalah 0-2, tapi saya pikir Singapura meupakan tim yang kuat. Performa mereka saat melawan Myanmar dan Filipina sangat bagus,” kata Shin Tae-yong, saat hadir di konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Singapura.

“Secara subjektif, Timnas Indonesia akan kesulitan karena dihadapkan dengan Singapura yang bertahan dan menyerang sama bagusnya. Menurut prediksi saya, Singapura akan mendominasi permainan lawan Timnas Indonesia,” lanjut Shin Tae-yong.

Sementara itu Singapura adalah tim paling minim gol di antara tim-tim semifinalis lainnya. Singapura maju ke semifinal dengan koleksi tujuh gol.

Satu-satunya momen ketika Singapura gagal mencetak gol adalah ketika mereka kalah 0-2 dari Thailand.

Meski jadi tim paling minim gol, rekor gol Singapura sejatinya juga tidak terlalu buruk. Singapura menggelontorkan tiga gol ke gawang Myanmar dan masing-masing dua gol ke gawang Filipina dan Timor Leste.

Dari daftar pencetak gol, Irfan Jaya adalah pemain Timnas Indonesia yang paling subur dengan koleksi tiga gol. Sedangkan di kubu Singapura, pemain paling subur adalah Ikhsan Fandi dengan catatan dua gol.

Laga Timnas Indonesia lawan Singapura bakal berlangsung dalam format dua leg. Leg pertama bakal berlangsung pada Rabu (22/12) dan leg kedua dilaksanakan pada Sabtu (25/12).

Kiper Timnas Singapura, Hassan Sunny menyadari ketajaman Timnas Indonesia. Dia menilai semua pemain asuhan Shin Tae-yong sama berbahayanya dengan pemain depan dalam urusan mencetak gol.

Demi mengatasi ancaman itu, Hassan berharap timnya untuk bermain lebih baik. Dia meminta pelatih Tatsuma Yoshida untuk menggenjot taktik, hingga mental agar tak goyah saat berhadapan dengan Timnas Indonesia.

“Kami tahu kami harus meningkatkan taktik, fisik, mental, besok (kami lawan) adalah Indonesia,” ucapnya.

“Kami siap untuk itu (pertandingan melawan Indonesia),” pungkas Sunny.

Demi mengatasi ancaman itu, Hassan berharap timnya untuk bermain lebih baik. Dia meminta pelatih Tatsuma Yoshida untuk menggenjot taktik, hingga mental agar tak goyah saat berhadapan dengan Timnas Indonesia.

“Kami tahu kami harus meningkatkan taktik, fisik, mental, besok (kami lawan) adalah Indonesia,” ucapnya.

Singapura merupakan runner-up Grup A Piala AFF 2020. Mereka berhasil menang tiga kali dan menelan kekalahan sekali dari Thailand. Saat melakoni babak fase grup, Timnas Singapura, berhasil mengoleksi tujuh gol. Raihan gol The Lions dicapai melalui lewat situasi bola mati dan sundulan. Oleh karena itu para bek Timnas Indonesia harus waspada, termasuk Elkan Baggott jika dimainkan lawan Singapura.

Pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida menjelaskan set piece sangant penting dalam sebuah pertandingan. Dia juga mengklaim telah menemukan cara untuk mengalahkan Timnas Indonesia.

“Set-piece sangat penting dalam permainan Kami bisa bermain dengan baik dan menemukan titik lemah lawan. Selebihnya tidak begitu penting, karena tim akan mencoba mencari solusi,” ujarnya mengutip Soha.vn, Selasa (21/12/2021).

“Di semifinal kami tahu apa yang akan kami lawan (Timnas Indonesia). Ini akan menjadi pertandingan yang sulit,” kata Hassan dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/12/2021). “Gol indonesia gol bukan hanya dari striker,” waspadanya. (Cnn/Okz/Kcm)

Mungkin Anda juga menyukai