Timnas Indonesia. (trb/blc)
Loading...

JAKARTA (medanbicara.com)- Timnas Indonesia bertekad bangkit saat menjamu Thailand dalam partai kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (10/9/2019). Timnas Indonesia melakoni laga tandang versus Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, malam ini pukul 19.30 WIB siaran langsung TVRI pukul 19.30 Wib.

Pertandingan ini ditargetkan sebagai momen bangkit Skuad Garuda dari kekalahan menyesakkan di tangan Malaysia partai pembuka kualifikasi Piala Dunia 2022. Berlaga di arena yang sama, Stefano Lilipaly cs ditaklukkan dengan skor 2-3 hingga menjadi juru kunci sementara di Grup G.

Padahal, Skuad Garuda sempat memimpin 2-1 di babak pertama sebelum dibuat keteteran pascajeda hingga menyerah di akhir laga. Hal ini yang ingin diperbaiki pelatih Simon McMenemy saat bersua Thailand.

“Kami berharap bisa mengulangi apa yang kami lakukan pada babak pertama saat lawan Malaysia. Kami harus lebih pintar, lebih waspada pada lawan yang cerdik, pemain harus lebih hemat soal stamina,” katanya dikutip bolasport.com dari situs PSSI.

Demi mewujudkan kebangkitan, Simon mewanti-wanti bahwa pasukannya siap bekerja sebaik dan setangguh mungkin agar mendapatkan tripoin. Laga ini juga sekaligus menjadi momen pembuktian bagi awak Skuad Garuda yang diterpa kritik usai kekalahan dari Malaysia.

“Semua pemain sangat siap, secara mental sangat siap. Pemain saya adalah petarung, pejuang yang sangat siap,” ucapnya.

“Mungkin akan ada orang yang meragukan mereka, tapi pemain ingin memberi pembuktian. Mereka siap berlari sampai mereka tidak bisa lagi berlari,” ujar Simon.

Berkaca pada pertandingan pertama, pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, diprediksi bakal menampilkan pemain yang memiliki pengalaman di Liga Thailand. Pada laga pertama, Simon memainkan pemain yang tak asing dengan Liga Malaysia seperti Evan Dimas Darmono, Saddil Ramdani, dan Andik Vermansah.

Evan dan Andik musim lalu sempat bergabung dengan klub Malaysia, sedangkan Saddil saat ini terikat kontrak dengan Pahang FA. Taktik yang sama diprediksi bakal digunakan pada laga kedua melawan Thailand.

Setidaknya ada tiga pemain Indonesia, dua di antaranya masih bermain di Thailand, yaitu Victor Igbonefo (PTT Rayong) dan Yanto Basna (Sukhothai). Adapun Irfan Bachdim sempat merumput di Liga Thailand bersama Chonburi pada 2013.

Namun, pelatih timnas Thailand, Akira Nishino, sama sekali tidak khawatir dengan keberadaan pemain timnas Indonesia yang bermain di kompetisi Thailand, pada musim ini.

“Indonesia sangat bagus punya beberapa pemain yang juga bermain di Liga Thailand. Kami tidak bisa mencegah mereka untuk membeberikan informasi mengenai kami,” kata Akira.

“Tetapi jujur saja, sebenarnya menurut saya hal tersebut sangat bagus untuk Indonesia, bahwa mereka memiliki beberapa pemain yang bermain di Liga Thailand,” kata pelatih asal Jepang itu.

Yanto membela klub kasta teratas Thailand, Sukhothai, setelah musim sebelumnya bermain untuk Khon Kaen. Sementara Igbonefo berseragam PTT Rayong, dan pernah membela Nakhon Ratchasima.

Di pos kiper, sebagaimana desakan yang bermunculan di akun resmi PSSI, terbuka peluang Simon McMenemy untuk mengganti posisi Andritany Ardhiyasa. Teja Paku Alam bisa mengisi pos Andritany saat laga melawan Thailand.

Selain itu, rotasi kemungkinan dilakukan Simon di sektor bek sayap dengan mengganti Ricky Fajrin dan Yustinus Pae. Posisi keduanya bisa digantikan oleh Ruben Sanadi dan I Made Andhika Wijaya.

Sementara itu, kendali lini tengah tetap diserahkan kepada Zulfiandi dan Evan Dimas Darmono. Sektor penyerangan bisa dihuni kembali oleh Saddil Ramdani, Alberto Goncalves, dan Andik Vermansah. (blc)

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Teja Paku Alam; I Made Andhika Wijaya, Victor Igbonefo, Yanto Basna, Ruben Sanadi; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono; Andik Vermansah, Irfan Bachdim, Saddil Ramdani; Alberto Goncalves

Pelatih: Simon McMenemy

Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen; Tristan Do, Theerathon Bunmathan, Pansa Hemviboon, Manuel Bihr; Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen; Tanaboon Kesarat, Supachok Sarachat, Chanathip; Supachai Jaided.

Pelatih: Akira Nishino

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY