Cegah Covid 19, Warga Binaan Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar Antusias Ikut Vaksin

Pelaksanaan vaksin di Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar. (age)

SIMALUNGUN (medanbicara.com)-Sebanyak 250 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar menjalani vaksinasi tahap satu, Selasa (31/8/2021).

Kepala Lembaga Permasyarakatan Narkotika Klas IIA Pematangiantar, EP Prayer Manik menuturkan, ini merupakan vaksinasi pertama yang dilakukan untuk WBP Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar.

“Hari ini kita melaksanakan vaksinasi terhadap 250 dari 701 WBP di Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar. Ini pertama kali dilaksanakan vaksin kepada WBP,” ucapnya.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksin ini dilaksanakan atas atensi Polda Sumatera Utara, kemudian pihak Lapas bekerja sama dengan Polres Simalungun.

Saat itu usai kakanwil berkordinasi, langsung melaksanakan vaksinasi terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang saat ini, masih menjalani vaksin di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar. Meski demikian, ia menuturkan bahwa masih banyak WBP yang belum mengikuti vaksinasi.

“Untuk di Lapas Narkotika Klas II, hari ini isinya ada 701 WBP, yang divaksin baru 250. Begitu juga Kemkumham berjanji untuk terus menindak lanjuti yang belum divaksin selama ketersediaan vaksin mencukupi,” bebernya.

Sebelum divaksin warga binaan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya, baik itu pengukuran suhu tubuh hingga tensi.

“Kita lakukan sesuai SOP mulai dari pengukuran suhu tubuh, tensi dan skrining kesehatan oleh dokter baik itu dokter dari polres maupun dari lapas. Setelah memenuhi persyaratan bisa dilaksanakan vaksin, jenis Sinovac,” kata EP Prayer Manik.

Disampaikannya, pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan di tiap blok hunian WBP dan juga memberikan suplemen kepada mereka guna mengantisipasi munculnya covid-19 di Lapas.

Hasbi Rambe WBP Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar menyampaikan terima kasih kepada Lapas Narkotika Klas IIA Pematangsiantar dan Polres Simalungun yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19 kepada WBP.

‚ÄúSemoga para warga WBP yang di Lapas terbebas dari covid-19,” harap Rambe.

Sementara, dokter klinik Polres Simalungun dr Sirovenesia Banjarnahora menjelaskan, dalam pelaksanaan gebyar vaksin merdeka Polres Simalungun, pihaknya telah menyiapkan 250 dosis vaksin covid-19 jenis Sinovac untuk dosis satu. Untuk vaksinasi covid-19 dosis dua akan dilaksanakan pada tanggal 28 September, sebutnya.(age)

Mungkin Anda juga menyukai