Kecamatan Buntu Pane Juara Umum MTQ ke-49 Tingkat Kabupaten Asahan

ASAHAN (medanbicara.com) – Kecamatan Buntu Pane tampil sebagai Juara Umum Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2018 dan berhak atas piala bergilir Bupati Asahan. Hadiah diserahkan Wakil Bupati Asahan H Surya BSc, Jum’at (20/04/18) di Lapangan Serba Guna Kecamatan Meranti.

Dalam MTQ Kabupaten Asahan digelar sejak tanggal 16 hingga 20 April 2018 itu, keberhasilan Kecamatan Buntu Pane tersebut disusul Kecamatan Sei Kepayang di posisi Juara II, Kecamatan Tanjung Balai sebagai Juara III dan Kecamatan Air Batu sebagai Juara IV.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyediakan empat hadiah Ongkos Naik Haji (ONH) untuk pemenang MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2018. Namun hanya tiga ONH yang dapat diraih peserta.

Ketiga ONH diraih Musriadi dari Kecamatan Rahuning dan Alfi Syahrina masing-masing juara pertama putra dan putri cabang musabaqah tilawatil qur’an golongan dewasa. Sedangkan 1 tiket lagi diraih dari cabang musabaqah hifdzil qur’an golongan 30 juz oleh Royhan Azie S Hasibuan dari Kecamatan Silau Laut.

Satu tiket yang tidak dapat diraih tersebut berasal dari cabang musabaqah hifdzil quran (MHQ) golongan putri. Nilai yang diperoleh tidak memenuhi standar, sehingga tidak ada yang memperoleh juara I untuk golongan 30 juz hifdzil putri hanya dapat posisi juara 3 atas nama Hj Rika Kumala Sari dari Sei Kepayang.

“Hanya tiga tiket ONH saja yang diberikan Pemkab Asahan kepada peserta MTQ Asahan pada penutupan MTQ kemarin," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Asahan, Rahmat Hidayat Siregar kepada wartawan, Sabtu (21/04/2018) di ruang kerjanya.

Dikatakan Hidayat, MTQ merupakan wahana memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi dan mengamalkan ajaran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan religius dan sarat akan syiar Islam ini akan percuma bila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh di tengah masyarakat. “Bupati Asahan mengajak kita semua komponen umat agar MTQ terus dijaga dan dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Hidayat.(Yahya)

 

Mungkin Anda juga menyukai