Pemkab Asahan Programkan Umrah Sejumlah Warga Ke Tanah Suci

KISARAN (medanbicara.com) – Pemerintah Kabupaten Asahan akan memberangkatkan sejumlah masyarakat untuk menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci. Demikian Bupati Asahan melalui Kadis Kominfo Asahan Syamsuddin SH MM, di Ruang Kerjanya di Kantor Dinas Kominfo Asahan, Selasa (15/11/2022).

Syamsuddin mengatakan, keberangkatan sejumlah masyarakat ini merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terimakasih dari Pemkab Asahan atas sumbangsih mereka bagi pembangunan daerah baik di bidang sosial, keagamaan dan kemasyarakatan. Yang terpilih telah memenuhi syarat ditentukan Tim Verifikasi. Yakni masyarakat Kabupaten Asahan, berusia dewasa dengan aktifitas kegiatan meliputi pemenang MTQN Tahun 2022 pada golongan dewasa, Guru Swasta/Guru mengaji, Pensiunan PNS yang tetap berperan aktif di bidang kemasyarakatan, Praktisi Hukum, Nazir Masjid, Kader Penggerak Pembangunan, Tokoh Masyarakat, Pengurus Ormas Islam, Tokoh Agama dan Bilal Mayit.

Syamsuddin juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang nantinya akan diberangkatkan untuk umroh agar dapat menjalankan seluruh rangkaian ibadah umroh dengan lancar tanpa ada halangan apapun. “Semoga selalu dalam keadaan sehat dan diberikan kelancaran dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah umroh, serta selamat hingga kembali ke Bumi Asahan,” ujarnya. Dirinya juga berpesan agar senantiasa berdoa untuk kesejahteraan dan kemakmuran Kabupaten Kabupaten Asahan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan Ali Mughafar, mengatakan tahun ini Pemkab Asahan memberangkatkan 14 masyarakat umroh ke tanah suci. Usulan Kecamatan ada 125 masyarakat. Namun setelah verifikasi Tim, 14 orang saja mendapat program umroh. “Ini salah satu program dari Tim Imtaq Asahan. Masyarakat diberangkatkan merupakan usulan setiap Kecamatan diketahui setiap Lurah/Kepala Desa dan telah diverifikasi Tim,” ujarnya.

Sementara, kriteria bagi masyarakat diberangkatkan yakni, pemenang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Kabupaten Asahan cabang Hifzil Qur’an golongan 30 juz putra dan putri sebanyak 2 orang, pemenang MTQN tingkat Kabupaten Asahan cabang Tilawah golongan dewasa putra dan putri sebanyak 2 orang, guru mengaji, Bilal mayit, guru swasta, penggali kubur. Kemudian, kader penggerak pembangunan seperti kader pos yandu, nazir Masjid, tokoh masyarakat (pemuda, pensiunan PNS, praktisi hukum, praktisi pendidikan, pengurus ormas Islam), tokoh agama dan lainnya yang semuanya berjumlah 14 orang. “Tanggal keberangkatan memang belum kita tetapkan hingga saat ini, namun diusahakan agar proses keberangkatan dapat dilaksanakan secepatnya,” pungkasnya.(YA)

Mungkin Anda juga menyukai