PT BSP Tingkatkan Sawit Masyarakat 39 Ton Per Hektare

KISARAN (medanbicara.com) – PT Bakrie Sumatera Plantations (BSP) Tbk bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan satu bahasa dan aksi nyata bersama dalam meningkatkan hasil produksi sawit masyarakat. Lewat penyediaan bibit bersertifikasi, BSP menargetkan kebun masyarakat yang terlibat program kemitraan bisa panen sawit 39 ton perhektare pertahun.


Demikian dikatakan Region Head PT BSP, Edison Sembiring, dalam sambutan di kegiatan Tanam Perdana Kemitraan Memfasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat antara PT BSP Tbk dengan Gapoktan Sinar Lestari, di Desa Sionggang, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Senin (19/04/21).

Edison juga menegaskan PT BSP mempunyai komitmen dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, lewat kerja sama dengan Pemkab Asahan dalam membantu peningkatan hasil produksi sawit milik masyarakat (petani). “Kita sudah menyiapkan bibit dengan kualitas baik dan sertifikasi, sehingga satu hektare bisa menghasilkan 39 ton dalam setahun,” jelas Sembiring.

Lebih lanjut Edison mengatakan, dalam program dimaksud PT BSP juga membantu teknis dan bantuan lain, sehingga bersama pemkab Asahan diharapkan para kelompok tani saling bahu membahu meningkatkan hasil produksi melalui pola kemitraan meliputi peremajaan sawit rakyat, dan pengelolaan kebun yang telah menghasilkan dengan menghadirkan asisten khusus yang akan memberikan bimbingan secara teknis kepada mitra BSP.


“Kami berharap sawit yang kita tanam hari ini dapat tumbuh subur, menghasilkan rezeki yang berkah kepada para petani, dan kemajuan Pemkab Asahan dalam bidang pertanian, serta tumbuh suburnya kepercayaan kemitraan dengan PT BSP,” ungkap Edison sembari menyatakan program tersebut akan terus dilaksanakan di tahun tahun mendatang.

Bupati Asahan Surya, mengatakan pihaknya akan tetap memberikan perhatian terhadap segala aktivitas peningkatan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Terkhusus kesejahteraan petani seperti dalam program kemitraan yang tengah dilaksanakan. Tak lupa pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada BSP karena memberikan perhatian kepada petani sawit di Asahan. 


“Bibit yang diberikan PT BSP bisa menghasilkan 39 ton per hekatare dalam setahun merupakan hasil yang sangat luar biasa, sehingga kita berharap para petani bisa mengikuti petunjuk teknis yang diberikan oleh PT BSP sampai tanaman di masa produksinya nantinya. Ini sesuatu yang sangat baik dan harus terus didukung secara berkelanjutan,” ujar Surya.

Menurut Surya, program kemitraan antara PT BSP dengan Gapoktan, bisa menjawab faktor penghambat dalam peningkatan produksi perkebunan sawit masyarakat, diantaranya pohon memasuki masa replanting, bibit tidak bersertifikat serta budi daya sawit yang belum memenuhi standar perkebunan. 

“Dalam dunia pertanian tentunya banyak tantangan yang dihadapi oleh petani pekebun. Karenanya, lewat program kemitraan dengan PT BSP tantangan itu bisa dijalani oleh Gapoktan dengan kesabaran dan perjuangan. Sehingga membangun perekonomian masyarakat bisa dilakukan dengan baik,” tukas Surya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, Asisten, Kepala Dinas Pertanian Oktoni Eryanto, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat. Sementara pihak BSP juga turut hadir Direktur ASD Howard J Sargen, Manager HRD Sumut 1 Sumantri dan undangan lainnya. (YS)

Mungkin Anda juga menyukai