Dibalik Erupsi Gunung Sinabung,Boru Ginting Meraup Keuntungan

MEDAN(medanbicara.com)-Gunung sinabung yang terletak di Kabupaten Karo,Provinsi Sumatra Utara yang mengalami erupsi dari tahun 2013 hingga saat ini belum menunjukan tanda-tanda berakhir. Malah sempat erupsi semakin meningkat yang menyebabkan status gunung menjadi awas.

Salah seorang warga yang merasakan dampaknya adalah Riany Boru Ginting. Ia adalah warga Desa Tigan Dreket yang mengungsi sejak lama. Namun dibalik penderitaan tersebut, Riany bisa mendulang berkah. Gunung Sinabung yang sering erupsi dapat menghasilkan hasil bumi yang banyak.Kalau erupsi tidak meningkat beberapa tumbuhan kami akan subur setelah diselimuti abu vulkanik,sehingga meskipun kami mengungsi, hasil panen dapat dijual dan dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari"Kata Riany sambil menaburkan biji kopi hasil panennya saat ditemui medanbicara.com di Posko Perjuangan Rakyat Gedung Konco,Terong Peren Kec,Tigan Dreket,Rabu(25/10).

Ia juga menuturkan sebagian desa sudah hilang karena erupsi gunung sinabung pada tahun 2014 lalu. warga desanya sempat mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. Beruntung saat ini pemerintah membangun relokasi bagi korban erupsi Gunung Sinabung di Siosar.

"Beberapa minggu lalu pak Jokowi juga datang ke Siosar meninjau lokasi pembangunan.Tentunya saya merasa senang ketika mendengar pembangunan relokasi ditahun ini akan diselesaikan kurang lebih dari 1.080 (KK)" Tuturnya.(byma)

 

Mungkin Anda juga menyukai