Gali Potensi Desa, INALUM Gelar Lomba Inovasi di Kabupaten Toba

Balige (medanbicara.com) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) INALUM menyelenggarakan Lomba Potensi dan Inovasi Desa di Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Perlombaan ini merupakan bentuk dukungan Inalum terhadap potensi desa yang ada di sekitar wilayah operasional Perusahaan dan berkolaborasi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta beberapa dinas terikat lainnya.

Vice Presiden CSR / PKBL INALUM, Zainuddin Iqbal Sidabutar mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama Pemkab Toba dan seluruh pihak terkait sehingga kegiatan Lomba Inovasi Desa ini dapat berjalan dengan sukses dan berharap bahwa program ini bisa menggali potensi dan inovasi terbaik dari desa-desa di Kabupaten Toba dan Sumatera Utara pada umumnya.

“Lomba Inovasi Desa merupakan kegiatan perdana yang dilakukan PT INALUM (Persero). Kegiatan ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility INALUM untuk memotivasi semua pihak dalam peningkatan potensi yang ada di desa – desa di Kabupaten Toba”, ujar Iqbal dalam sambutannya.

Program ini berlangsung sejak bulan Agustus sampai September 2021 sebagai bagian dari perayaan HUT RI ke-76. Masyarakat khususnya Kabupaten Toba menyambut dengan antusias perlombaan ini. Hal ini dilihat dari jumlah desa yang berpartisipasi untuk turut serta memeriahkan perlombaan.

Ada tiga kategori lomba yang diadakan yakni kategori perekonomian, lingkungan, dan pariwisata. Perlombaan ini diawali dengan desa yang ikut serta mengirimkan video terkait inovasi desa. Video yang terpilih selanjutnya dilakukan penilaian dan survey ke lapangan oleh Tim Penilai.

Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus dalam sambutannya mengucapkan syukur dan berterima kasih atas inisiasi kegiatan inovasi desa yang dilakukan PT INALUM (Persero) dalam mendorong potensi dan inovasi desa.

“Program ini tepat sasaran dan berharap kepada desa-desa pemenang dalam kegiatan inovasi desa dapat terus mengembangkan dan mempertahankan potensi dan prestasinya serta membudayakan atau menyebarkan inovasinya ke desa lain dan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Poltak.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para Juara lomba potensi dan inovasi desa di Kabupaten Toba dilaksanakan secara resmi oleh Pemerintah Kabupaten Toba dan PT INALUM (Persero) pada 28 Oktober 2021 di Kantor Bupati Toba – Balige yang juga bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Untuk kategori lingkungan lomba inovasi desa di wilayah kabupaten Toba dimenangkan oleh Kelurahan Pardede Onan – Kecamatan Balige (juara 1), disusul Desa Lumban Gaol – Kecamatan Balige (juara 2), kemudian diikuti oleh Desa Siantar Utara – Kecamatan Parmaksian (juara 3), dan Desa Parsuratan – Kecamatan Balige (harapan 1) serta Desa Tarabunga – Kecamatan Tampahan (harapan 2).

Adapun untuk kategori Ekonomi, Desa Tambunan Sunge – Kecamatan Balige berhasil meraih juara pertama, diikuti Desa Tarabunga – Kecamatan Tampahan pada posisi kedua dan Desa Hutabulu Mejan – Kecamatan Balige di urutan ketiga serta Desa Meat – Kecamatan Tampahan, dan Desa Banjar Ganjang – Kecamatan Parmaksian pada harapan 1 dan harapan 2.

Serta Desa Tarabunga – Kecamatan Tampahan berhasil meraih nilai tertinggi untuk kategori pariwisata disusul Desa Lumban Gaol – Kecamatan Balige di urutan kedua, dan Desa Meat – Kecamatan Tampahan sebagai pemenang ketiga dan Desa Siantar Utara – Kecamatan Parmaksian sebagai harapan 1.

Acara dihadiri oleh Bupati Toba, Ir.Poltak Sitorus, Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak, SE, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Toba beserta jajaran, Kepala Dinas, Camat dan Kepala Desa bersama dengan Manajemen PT INALUM (Persero) – Vice Presiden CSR & PKBL, Zainuddin Iqbal Sidabutar dan Vice Presiden Public Relations, A.Iqbal Harahap. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai