Inalum & Pelindo Laksanakan Pengapalan Perdana Ekspor Produk Pengusaha UMKM

Kuala Tanjung (medanbicara.com) – PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM bersama Pelindo I dan Pemerintah Kabupaten Batu Bara laksanakan seremoni pengapalan perdana ekspor produk pengusaha UMKM Kabupaten Batu Bara di Dermaga C Pelabuhan Kuala Tanjung pada Jumat (4/6).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pelaksana INALUM Sophia Isabella Wattimena menjelaskan latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini. “INALUM selaku BUMN berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan perekonomian UMKM di Kabupaten Batu Bara, merupakan suatu kebanggaan bagi kami menjalin sinergi dengan Pelindo I dan Pemkab Batu Bara untuk memberikan nilai tambah dalam hal pemanfaatan Dermaga C untuk ekspor produk UMKM Kabupaten Batu Bara,” tutur Sophia.

Selanjutnya Sophia juga berharap kedepannya UMKM Kabupaten Batu Bara dapat semakin berkembang. “Harapannya UMKM Kabupaten Batu Bara dapat semakin maju dan dikenal hingga luar negeri,” ujar Sophia.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Rudi Susanto selaku anak perusahaan Pelindo I menyampaikan bahwa ekspor ini diharapkan dapat dilakukan secara kesinambungan. “Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Pelabuhan Kuala Tanjung diharapkan dapat terus membantu Ekspor UMKM Kabupaten Batu Bara sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat,” terang Rudi.

Sementara itu, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP dalam sambutannya menyampaikan cita-citanya terhadap UMKM di Kabupaten Batu Bara. “Semoga ke depannya UMKM Kabupaten Batu Bara dapat semakin maju dan dapat tetap bertahan di tengah pandemi. Tugas kita memang di tengah pandemi ini cukup berat untuk mempertahankan roda perekonomian sekaligus menekan penyebaran COVID-19, namun dengan dukungan dari seluruh pihak termasuk INALUM dan Pelindo I kita pasti bisa,” jelas Zahir.

Rangkaian acara seremoni ini kemudian ditutup dengan pemberian santunan anak yatim dilanjutkan dengan pemecahan kendi oleh Bupati Batu Bara, Direktur Pelaksana INALUM dan Direktur Utama PT Prima Multi Terminal serta foto bersama. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Batu Bara, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kepala Bea Cukai Kuala Tanjung, Kepala KSOP Kuala Tanjung serta Forkompinda, para pengusaha UMKM dan tokoh masyarakat lain yang hadir. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai