Kabupaten Karo Diterjang Longsor, 5 Orang Tewas, Cafe Hancur, Lihat Data Korban…

KARO (medanbicara.com)-Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), diterjang longsor. Total, ada lima orang yang dinyatakan tewas akibat bencana tersebut.

“Lima korban ditemukan meninggal dunia,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan, Toto Mulyono, Jumat (27/8/2021).

Kelima korban tewas itu ialah Tia Monika (28), Kasih Karolina (3), Anjel Tarigan (5), Dewi Marpaung (48) dan Bumi Riski (2). Ada empat orang yang dinyatakan selamat dari timbunan tanah longsor.

“Ditemukan selamat Tutri Silitonga (26), Aktavius Tarigan (33), Dedi Simbolon (30), Rudi Silalahi (30),” ucap Toto.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi di Kabanjahe, Karo pada Kamis (26/8) malam. Awalnya, ada dua orang yang ditemukan dalam keadaan meninggal dan tiga orang lainnya hilang.

Peristiwa ini terjadi setelah hujan deras melanda kawasan tersebut mulai pagi. Ada empat rumah hancur diterjang longsoran tanah.

Tim rescue berjumlah tujuh orang kemudian berangkat ke lokasi tanah longsor di Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, sekitar pukul 23.35 WIB

Belum usai pencarian korban longsor di Lau Bawang, Lingkungan X, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe. Kini terjadi lagi longsor di kawasan wisata Bukit Gundaling, Berastagi, Jumat (27/08/2021) sekira pukul 10:00 WIB, yang mengakibatkan 1 unit bangunan cafe hancur.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian materi yang dialami pengusaha Cafe Tamara, Comando Tarigan yang mencapai Rp300 juta. Selain bangunan, satu unit mobil dan sepeda motor ikut terbawa longsor,” ujar Kapolsekta Berastagi, Kompol L Marpaung disaksikan Wakapolres Kompol Aron Siahaan.

Menurutnya, setelah menerima informasi, pihaknya bersama Lurah Gundaling I Berastagi bergegas mengecek lokasi kejadian. “Kami imbau agar pemilik cafe juga dapat membuat pembatas agar tidak membahayakan pengguna jalan,” ujarnya.

Selanjutnya, pemilik cafe akan berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat untuk mencari solusi dalam pembenahan lokasi tersebut.(dtc/mol)

Mungkin Anda juga menyukai