Presiden Jokowi Bakal Kunjungi Objek Wisata Air Terjun Sipiso Piso, Ini Kata Bupati Karo…

Deputi Infrastruktur Kemenkomaritim Ridwan Jamaluddin pimpin rakor usulan anggran destinasi pengembangan Danau Toba dan dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana. (ist)

KARO (medanbicara.com)-Kemenko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan melalui Deputi Infrastruktur Ridwan Jamaluddin menggelar rapat kordinasi, terkait kunker Presiden RI Presiden RI, Ir Joko Widodo ke 8 daerah se-Kawasan Danau Toba untuk melihat beberapa objek wisata Agustus 2019.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat menghadiri rapat kordinasi usulan anggaran pengembangan destinasi prioritas Danau Toba didampingi Kabid Bappeda Infrastruktur, Rabu (24/7/2019) di kantor Kemaritiman Lantai 2 Jakarta Selatan.

Menurut Bupati Karo, ada 4 cluster yang sudah diusulkan anggraan jangka pendek pengembangan destinasi perioritas Danau Toba ke Kemenko Kemaritiman, yakni objek wisata Bukit Gundaling, lokasi air terjun Sipiso -Piso, Bukit Gajah Bobok dan Desa Wisata Dokan.

Apalagi rencana rute perjalanan Presiden mengunjungi cluster air terjun Sipiso piso, pada prinsipnya Kabupaten Karo siap membenahi sekitar cluster Sipiso-piso, ditambah ada dukungan anggaran yang sudah dientry di Kemenkomaritiman.

“Harapan kami segera dana tersebut dikucurkan agar apa yang perlu dibenahi kita siap benahi, sebelum Presiden RI datang, objek wisata yang ditinjau akan menjadi lebih menarik lagi. Pembenahan air terjun Sipiso piso sesuai usulan terdapat 5 item yang butuh segera disikapi pengembangan jalur pesdestrian kayu artistik, viewing point, revitalisasi kedai kopi, revitalisasi kios pedagang, revitalisasi restoran,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan WhasApp, Rabu (24/7/2019).

Sementara Deputi Infrastruktur Kemenkomaritim, Ridwan Jamaluddin mengatakan apa yang sudah diusulkan oleh masing masing kepala daerah 8 se-kawasan Danau Toba, semuanya sudah ditampung, semua ini akan disampaikan ke Kemenkomaritim Luhut Binsar Panjaitan.

Terkait rencana kunjungan presiden ke 8 daerah sekawasan Danau Toba, info awal yang diterimanya setelah dari Medan akan menuju cluster air terjun Sipiso -piso, untuk itu air terjun Sipiso -piso harus dibenahi dengan segera dan akan dicocokkan usulan dari Bupati Karo, apa saja yang akan dibenahi dan dipoles.

“Apa yang kita rapatkan tadi segera akan kita teruskan semua usulan yang kita terima, untuk dikordinasikan dengan pihak istana agar menjadi atensi sebelum kunjungan presiden RI kira kira bulan Agustus 2019 nanti, begitu juga terkait anggaran usulan akan kita sampaikan ke Kementrian PUPR,” pungkasnya. (ogo)

Mungkin Anda juga menyukai