BPKP Provsu Gelar Rakor Pengawasan Keuangan

Medan (medanbicara.com)-Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provsu menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) pengawasan interen keuangan dan pembangunan, di Pendopo Rumdis Gubsu Medan, Jumat (26/3/2021).

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA turut hadir melalui Wabup Langkat H Syah Afandin didampingi Inspektur Amril.

Kepala Perwkilan BPKP Provsu, Yono Andi Atmoko menjelaskan, Rakor ini bertujuan meningkatkan peran pengawasan intern, dalam mengawal pencapaian tujuan pembangunan strategis, pariwisata Provinsi Sumatra Utara.

Rakor dibuka, Sekertaris Utama BPKP Pusat, Ernadhi Sudarmanto disaksikan Wagubsu, H Musa Rajekshah.

Dikesempatan itu, Ernadhi menginstruksikan agar pemerintah daerah menyusun rancangan perkembangan pariwisata. Ia juga meminta kepala daerah mampu mengawasi kontribusi sektor pariwisata yang ada di wilayahnya.

Sedangkan, Irjen Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak berharap, kepada kepala daerah dan wakilnya, terus sejalan menyelesaikan visi dan misi demi pembangunan daerah.

Selain itu, Tumpak juga menginstruksikan BPKP untuk lebih intens mengawasi pembangunan yang dilakukan kepala daerah.

Sementara, Wagubsu mengatakan, untuk Desa Wisata Pemprovsu mengangarkan Rp200 juta per desa. Dana untuk membantu pemerintah daerah di Sumut. Untuk itu, Ia berharap kepada BPKP, terus mengawasi dan memberi masukan untuk keuangan dan pembangunan di Provsu agar semakin maju.

“Saya harap, BPKP bisa detail untuk melakukan pemeriksaan di daerah,” harapnya.

Selain itu, Ia memberikan arahan kepada kepala daerah dapat mengunakan keuangan tepat sasaran. “Jangan ada lagi pemborosan belanja,” tegasnya.

Selanjutnya di sela acara, Wabup Langkat menyatakan siap untuk menggunakan anggaran tepat sasaran. Satunya, untuk kemajuan destinasi wisata Langkat.

“Kemajuan wisata adalah visi misi kami, Insya Allah akan kami wujudkan,”sebutnya.

Turut hadir Asisten I Provsu Agus, Inspektur Provsu Lasro Marbun, serta para kepala daerah dan Inspektur Kabupaten/Kota se Sumut. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai