Bupati Langkat Apresiasi Kapolres dan Jajaran Peduli Pendidikan di Tengah Covid-19

Langkat (medanbicara.com)-Bupati Langkat Terbit Rencana PA dan rombongan menghadiri pembagian 100 Handphone (HP) kepada para pelajar tingkat SMA sederajat, pada acara Polres Langkat peduli pendidikan di tengah pandemi Covid19, di Lapangan Futsal Bharadaksa Polres Langkat.

Bupati Langkat, Terbit Rencana PA memberikan apresiasi dan respon positif, atas kepedulian Polres Langkat pada peningkatan pendidikan di Langkat.

“Terima kasih Kapolres Langkat dan jajaran telah ikut serta mencerdaskan dan membantu pendidikan putra putri Langkat di tengah pendemi. Pemkab Langkat siap mendukung penuh semua program Polres Langkat, yang juga merupakan program dari Kapolri,”tambahnya.

Selanjutnya, Polres Langkat menjelaskan, sebanyak 100 HP Android gratis beserta kartu dan paket data internetnya diberikan kepada pelajar SMA sederajat yang kurang mampu dan berprestasi. Terdiri dari 9 unit diterima oleh siswa SMA kelas X, 52 unit kepada siswa SMA kelas XI, dan 26 unit untuk siswa SMA kelas XII. “Pemberian ini adalah periode kedua,”ujar Kapolres.

Sebelumnya, berbagai program peduli pendidikan yang sudah dilaksanakan, dijelaskan Kapolres, pemberian 120 HP beserta kartu dan paket data internet gratis periode pertama. Diberikan kepada siswa-siswi untuk tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di wilayah hukum Polres Langkat. Terdiri dari 43 unit diberikan kepada siswa SD, 52 unit siswa SMP dan 25 unit siswa SMA, pada oktober 2020 lalu.

Kemudian, Polres Langkat juga melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Polres Langkat dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Langkat tahun 2020, guna meminjamkan 3.000 buku bacaan untuk kegiatan perpustakaan keliling dengan sasaran siswa-siswi di kawasan perkebunan sampai daerah pesisir.

Pelaksanaan perputakaan keliling perkebunan, kata Kapolres, dilaksanakan oleh 12 Polsek jajaran Polres Langkat, yang bergerak Sat Sabhara di Polsek. Sedangkan perpustakan perairan, dilaksanakan oleh Satpolair Polres Langkat sasarannya para pelajar di wilayah pesisir.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 8.520 pelajar perekebunan telah merasakan manfaat program tersebut. Sedangkan perpustakaan di perairan ada 471 pelajar yang merasakannya.

“Data ini untuk periode tahun 2020 lalu,”sebut Kapolres.

Sementara pada periode Januari–Maret 2021, sambung Kapolres, manfaat perputakaan perkebunan telah dirasakan oleh 5.568 pelajar, dan perpustakaan perairan oleh 748 pelajar.

Selain itu, Polres Langkat juga melaksanakan pengadaan wifi corner gratis. Titiknya di Mapolres Langkat dan di seluruh Mapolsek. Tujuannya, terang Kapolres, menunjang kegiatan belajar para siswa selama masa pandemi.

“Program ini, direspon baik oleh para pelajar. Terlihat dari data statistik tingkat antusiasme para pelajar menggunakan fasilitas wifi corner gratis,”ungkapnya.

Dari data tercatat 6.101 pelajar mengunakan wifi pada kurun waktu bulan Oktober-Desember 2020. Sementara, untuk Januari-Maret 2021 tercatat 5.566 pelajar yang menggunakan layanan wifi gratis ini.

“Data ini dari penggunaan wifi gratis di Mapolres dan semua Mapolsek,”terangnya.

Selanjutnya, Kapolres menjelaskan, selain untuk membantu Pemkab Langkat program ini sebagai wujud implementasi program prioritas Kapolri, untuk membentuk Postur Polri yang Presisi yakni prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

“Serta didorong semangat empati atas pendidikan para generasi penerus bangsa, maka Polres Langkat mencetuskan pelaksanaan program peduli pendidikan di tengah pandemi Covid19 ini,”ujarnya.

Pembagian HP diberikan secara simbolis kepada perwakilan pelajar penerima oleh Bupati dan Kapolres Langkat. Pelajar didampingi orangtua, guru, kadus/kepling, Babinkamtipmas dan Kapolseknya.

Selanjutnya, Bupati Langkat meninjau pelaksanaan pemeriksaan Mobil Pemeriksaan Swab PCR secara massal, di Halaman Kantor Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Senin (23/3/2021).

Bupati berpesan kepada masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas Swab PCR milik Pemkab Langkat gratis. “Mari manfaatkan Swab PCR ini, untuk mendeteksi apakah masyarakat terkena Covid-19 atau tidak,” ujarnya.

Swab PCR milik Pemkab Langkat ini sangat canggih hanya menunggu 4 jam, hasilnya sudah diketahui. Sedangkan Swab PCR lainnya harus menunggu hasil sampai 7 hari.

Selain itu, Bupati berpesan kepada petugas medis, menjaga dengan baik mobil PCR ini, mengingat keberadaanya yang sangat dibutuhkan.

Terpantau, puluhan masyarakat dengan menerapkan protokol, ikut serta melakukan uji Swab di fasilitas mobil PCR milik Dinas Kesehatan.(rel)

Mungkin Anda juga menyukai