Bupati Langkat Ikuti Arahan Presiden RI, Optimis Vaksinasi Langkat Capai 70%

LANGKAT (medanbicara.com)-Bupati Langkat Terbit Rencana PA optimis Langkat mampu mencapai vaksinasi 70 persen di akhir Desember 2021.

Hal tersebut disampaikan Bupati usai mengikuti arahan Presiden RI Joko Widodo melalui daring, dari Rumdis Bupati Langkat, Stabat, Kamis (16/12/2021).

Bupati mengatakan Langkat saat ini telah melakukan berbagai upaya vaksinasi, bekerjasama dengan Polres Langkat, Dandim 0203/Langkat dan Forkopimda serta pihak terkait.

Bupati pun menyampaikan total cakupan vaksinasi Langkat dosis pertama 514.762 dosis atau 63,92 persen dan dosis kedua 217,720 dosis atau 28,28 persen.

Sementara Presiden menyampaikan bahwa COVID-19 varian omicron telah masuk Indonesia. Varian ini lebih berbahaya dan penularannya lebih cepat tiga kali lipat.

Presiden meminta kepala daerah untuk tidak lengah dengan mengoptimalkan vaksinasi dan penerapan Prokes. Sebelumnya dikabarkan omicron sudah masuk di 88 negara.

“Namun info terkini dari WHO, umicron sudah masuk dihampir semua negara, termasuk Indonesia,” sebut Presiden pada arahannya melalui daring dari Istana Negara Jakarta.

Pengarahan Presiden diikuti Kapolda, Pangdam, Gubernur, Bupati serta Walikota se Indonesia. Dibuka dan dimoderasi Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.

Selanjutnya Presiden menyampaikan tiga pesan yang menjadi poin penting untuk dilaksanakan.

Pertama, meminta protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 dipastikan tetap berjalan.

“Terutama pemakaian masker. Untuk itu razia dan kontrol lapangan harus terus dilaksanakan,” tegasnya.

Kedua, minta agar memperkuat testing dan tracing.

Harus dilakukan lebih gencar sesuai standart yang diberikan.

Ketiga, Presiden meminta percepatan vaksinasi agar seluruh daerah mencapai 70 persen.

Saat ini masih terdapat 327 Pemerintah Daerah belum memenuhi target vaksinasi 70 persen.

“Vaksinasi harus mengutamakan Lansia,” pinta Presiden.

Sembari menyampaikan total suntikan vaksinasi Indonesia 254.722.907 dosis. Dosis pertama 71,4 persen dan dosis kedua 50,3 persen.

Sebelumnya Bupati Langkat mendampingi Wakil Gubernur Sumatera H Musa Rajekshah menghadiri majelis zikir, doa dan tabligh akbar tahun 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan Majelis Dakwah Islamiyah Kabupaten Langkat, di Jentera Malay Rumdis Bupati Langkat, Kamis (16/12/2021).

Dikesempatan itu, Bupati dan Wagubsu memberikan ratusan paket sembako kepada para jaman yang hadir.

Diketahui penceramah Wakil Ketua IPHI Sumut, Al Ustaz Dr H Ardiansyah Lc, MA.

Doa Ketua MUI Langkat H Zulkifli Ahmad Dian Lc, MA. Sedangkan zikir dipandu oleh Majelis Zikir Firdaus Pangkalan Brandan.

Turut hadir para anggota Dewan dari fraksi Golkar, pengurus DPD I Golkar Sumut , pengurus DPD II Golkar Langkat.

Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin beserta para Kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkab Langkat.(yan/rel)

Mungkin Anda juga menyukai