Dinkes Langkat Utus 7 Nakes Ikut Training PCR

Langkat (medanbicara.com)-Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat mengirim 7 tenaga kesehatan (Nakes) untuk mengikuti pelatihan (training) pengoperasian perangkat Polymerase Chain Reaction (PCR), yang terletak di mobil Toyota Hi-Ace Nopol BK 7111 P milik Dinkes Langkat.

“Ada 7 Nakes yang kami utus untuk mengikuti pelatihan pengoperasian PCR. Mereka terdiri dari satu dokter dan enam analisis,” terang Plt Kadis Kesehatan Langkat, dr Juliana di ruang kerjanya, Kantor Dinkes Langkat, Stabat, Selasa (16/3/2021).

Bimbingan pelatihan ini, kata dr Juliana dilakukan oleh tim ahli dari PT Indo Global Medica. Pelatihannya dilakukan selama satu bulan. Mulai dari mempelajari materi dasar pengoperasian alat berteknologi tinggi itu. Sampai materi pengoperasiannya, serta uji fungsi alat ekstraksi, extrasi spesimen, dan tanya jawab di ekstraksinya.

“Saat ini mereka sedang mengikuti pelatihan secara intens di laboratorium Farmasi Dinkes Langkat, lokasi diletakkannya mobil dan alat PCR,” katanya.

dr Juliana juga menerangkan fungsi PCR itu. PCR diadakan untuk pemeriksaan Swab, guna mengetahui kasus konfirmasi covid-19 di Langkat.

“Untuk sementara, pemeriksaan masih dilakukan di Kantor Dinkes. Namun ke depan direncanakan akan dilakukan pemeriksaan di puskesmas-puskesmas di Langkat, yang terdapat pasien terkonfir covid 19,” ungkapnya.

Sembari membenarkan kabar kerusakan PCR sebelumnya telah diganti oleh pihak PT Giri dengan yang baru, tanpa melakukan penambahan biaya.

“PCR sudah ditukar dengan yang lebih baik, tanpa biaya tambahan. Pengadaan PCR sebelumnya didatangkan pada Desember 2020 rusaknya pada Januari 2021,”jelasnya.(rel)

Mungkin Anda juga menyukai