Pelatihan & Pembekalan Paskibraka Langkat Resmi Dibuka

LANGKAT (medanbicara.com)-Pelatihan dan pembekalan calon anggota Paskibraka Kabupaten Langkat Tahun 2022 resmi dibuka, Senin (1/8/2022).

Pembukaan dilakukan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH melalui Asisten Administrasi Umum Setdaka Langkat, Musti Sitepu SE MSi, di Gedung PKK Kabupaten Langkat, Stabat.

Musti mengatakan pembekalan adalah upaya Pemkab Langkat melalui Dispora untuk mensukseskan pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun, tingkat Kabupaten Langkat tahun 2022.

“Pembekalan ini sudah dimulai sejak 31 Juli sampai 18 Agustus 2022 mendatang,” terangnya.

Pihaknya mengharapkan pelatihan calon Paskibraka ditangani serius, karena selain bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih, mereka merupakan calon pemimpin Langkat yang nantinya meneruskan estafet kepemimpinan.

Menurut Musti keberhasilan menjalankan tugas dalam mengibarkan bendera merah putih, menjadi cerminan dari pelatihan yang dijalankan.

Oleh karena itu, dirinya sangat berharap kepada para pelatih dapat melatih dengan sebaik-baiknya, sehingga anggota Paskibraka mampu menjalankan tugasnya pada tanggal 17 Agustus 2022 dengan baik.

Sementara laporan panitia disampaikan Kabid Bina Pemuda Dispora Langkat, H Ade Audia Helmi ST.

Ia menjelaskan pembekalan dan pelatihan calon peserta anggota Paskibraka sesuai keputusan Kadispora Kabupaten Langkat nomor 427-026/Dispora- LKT/ 2022 tanggal 4 Juni 2022, tentang panitia penyelenggaraan seleksi dan pelatihan pasukan pengibar bendera (Paskibaraka) Kabupaten Langkat Tahun 2022.

Para calon anggota Paskibraka dipilih melalui proses dan tahap-tahap sebagai berikut:

1.Penjaringan dan penyaringan yang dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Langkat Hulu, Langkat Hilir dan Teluk Aru bertempat di gedung serbaguna.

2.Penjaringan dan penyaringan dari siswa tingkat SLTA sederajat, baik negeri maupun swasta se-kabupaten Langkat, dengan jumlah peserta yang ikut 900 orang, terdiri dari 350 putra dan 550 putri 550 dari 88 sekolah.

  1. Seleksi tingkat wilayah yang memenuhi persyaratan untuk seleksi sebanyak 197 orang yang terdiri dari 85 putra dan 112 putri.
  2. Seleksi tingkat Kabupaten Langkat dilaksanakan pada 22 sampai 23 Maret 2022 di Alun-alun T Amir Hamzah Stabat. Memenuhi syarat untuk seleksi akhir sebanyak 100 orang terdiri dari 55 putra dan 45 putri.
  3. Dari seleksi akhir tingkat yang lolos dan memenuhi persyaratan sebanyak 60 orang yang terdiri dari 27 putra dan 32 putri 31 dari 25 sekolah yang tersebar di 16 kecamatan.

6.Selanjutnya 5 orang terdiri dari 3 orang putra dan 2 orang putri lulus seleksi tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022.

Selanjutnya Ade menyampaikan instruktur atau pelatih terdiri dari unsur TNI yang berasal dari Kodim 0203 Langkat, Dispora Langkat dan Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Langkat.

Turut hadir Waka Polres Langkat Kompol Henrik ND Barus SH SIK MM, Kadispora Ngaturken PA SPd MPd, Kepala KUA Stabat Marwan MHI dan para pelatih dan panitia.(yan/apr)

Mungkin Anda juga menyukai