Syah Afandin: ASN Harus Berikan Pelayanan Prima untuk Masyarakat

LANGKAT (medanbicara.com)-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH membuka Sosialisasi/Bimtek Implementasi Core Value ASNBerahklak dan Employee Branding bangga melayani bangsa, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (27/6/2022).

Plt Bupati Langkat pada arahanya meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dimanapun bertugas, harus mempunyai core values atau nilai-nilai dasar yang sama sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja yang profesional dan mampu memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.

“ASN yang bertugas di unit kerja apapun, agar memegang teguh nilai dasar yang sama. Setiap ASN harus memiliki jiwa untuk melayani dan membantu masyarakat, bukan dilayani,” tegasnya.

Dikatakannya, Core Values bagi ASN ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai panduan berpikir, bertutur dan berperilaku.

Core values ASN dituangkan dalam kata berAKHLAK, akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Sedangkan Employer Branding adalah moto ASN dalam bekerja dengan semboyan “Bangga Melayani Bangsa”.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Bupati juga berpesan agar para ASN selalu memiliki semangat belajar untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi. Apalagi di tengah dunia yang penuh inovasi, kemampuan beradaptasi dengan perubahan menjadi mutlak dilakukan oleh para ASN.

“ASN dimanapun berada harus menjadi sosok visioner yang memiliki kemauan dan kemampuan berpikir jauh ke depan membawa kemajuan di berbagai bidang,” tuturnya.

Selanjutnya Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM pada laporannya mengatakan bimbingan teknis (Bimtek) budaya kerja sesuai dengan peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) nomor 39 Tahun 2012.

Yakni tentang pedoman pembangunan budaya kerja, sebagai wujud penataan tata laksana dalam rangka percepatan reformasi birokrasi, untuk mewujudkan organisasi instansi pemerintah yang tepat fungsi, tepat ukuran dan tepat proses.

Dengan tujuan membangun komitmen seluruh kepala perangkat daerah dan ASN terhadap implementasi Core Values dan Employe Branding Aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Langkat, untuk menjadi pondasi budaya kerja yang lebih baik dalam melaksanakan pemerintah dan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara itu di tempat terpisah Kabag Organisasi Setdakab Langkat Beni Sukmaria Ginting, S.Kom, M.AP menjelaskan, bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meluncurkan Core Values (Nilai Nilai Dasar) ASN BerAKHLAK pada tanggal 27 Juli 2021 lalu.

Sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN yang profesional dan menuju Tata Pemerintahan berkelas dunia (Word Class Goverment).

Sesuai dengan Perintah Presiden melalui Kemenpan RB, pihak Bagian Organisasi Setdakab Langkat atas persetujuan Bapak Plt. Bupati, langsung menindaklanjuti dengan menyelenggarakan Pencanangan dan Bimtek ASN Berakhlak ini, pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Perwakilan dari Biro Organisasi Setdaprovsu Hendra Siahaan, M.Kom dalam pidatonya mengapresiasi Pemkab Langkat atas peluncuran Core Values ASN dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” ini.

Disebutkannya untuk wilayah Sumatera Utara baru Kabupaten Langkat dan Kota Tebing Tinggi yang telah meluncurkan hal tersebut sementara Kabupaten/ Kota yang lain masih baru pada batas sosialisasi. Jadi Pemprovsu Sangat Mengapresiasi atas gerak Cepat Pemkab Langkat ini,” tutupnya.

Di giat tersebut juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Plt Bupati Langkat, Sekdakab Langkat serta para pejabat dan kepala perangkat daerah di jajaran Pemkab Langkat.

Terakhir, sambutan dari Abiadi Siregar S.Sos selaku Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut, sangat bangga dan mengapresiai kegiatan ini. Sudah Sepatunya para ASN harus melayani masyarakat secara Prima, sesuai dengan Standard Kepatuhan Pelayanan Publik. Paradigma berpikir dan berpikir ASN masa lalu harus segera dirubah, yaitu Tulus Melayani, bukan Minta di Layani sebagai ASN, Pungkasnya. (yan/jok)

Mungkin Anda juga menyukai