Syah Afandin Tinjau Ternak Sapi Bersama Kapoldasu dan Kasdam I/BB, Sapi Masuk dan Keluar dari Langkat Dipastikan Sehat

LANGKAT (medanbicara.com)-Menjelang lebaran Idul Adha (lebaran haji) 1443 hijriyah dilakukan antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, H Syah Afandin SH bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi dan Kasdam I/BB, Brigjen TNI Purwito Hadi Wardhono meninjau ternak sapi terkait PMK, di Lingkungan 10 Sei Meran Kelurahan Bukit Kubu Kecamatan Besitang, Langkat, Selasa (24/5/2022).

Salah satu lokasi peninjauan ke salah satu ternak sapi milik Ali warga setempat yang mempunyai 19 ekor sapi.

Diketahui terdapat 6 ekor sapi miliknya terinfeksi PMK, kini sudah menjalani perawatan.

Disela giat, Afandin berterima kasih kepada Kapoldasu dan Kasdam I/BB yang langsung meninjau hewan ternak masyarakat Langkat.

Afandin pun menjelaskan, terdapat 3 kecamatan di Langkat terdampak virus PMK yang menyerang sapi masyarakat.

Yakni Kecamatan Besitang, Kecamatan Pangkalan Susu dan Kecamatan Pematang Jaya.

Total kasus PMK 1.054 ekor sapi, terdiri dari terinfeksi 1.035 kasus dan kasus baru 19. Sudah sembuh 665 ekor sapi, mati 2 ekor sapi dan masih sakit 387 ekor sapi.

Afandin menegaskan untuk hewan sapi yang akan di qurbankan akan terus diawasi dan dipantau kesehatannya oleh dinas dan pihak terkait.

Sementara Kapoldasu mengajak semua pihak untuk bersinergi mencegah penularan virus PMK.

“Ini menyangkut keselamatan orang banyak. Jadi TNI/Polri dan pemerintah harus bersinergi menangani virus ini,” sebutnya.

Diketahui dari sembilan (9) desa yang ada di Kecamatan Besitang sudah lima (5) Desa terkena virus. Harus terus diantisipasi agar empat (4) Desa lainnya tidak tertular.

“Upayakan isolasi untuk lima desa itu agar tidak berkembang di empat desa lainnya,” tandasnya.

Selanjutnya Kapoldasu menerangkan bahwa sosialisasi tindakan yang sangat penting agar memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tetap memperhatikan kesehatan hewan ternaknya.

Pemerintah juga harus tetap memberi pengawasan untuk hewan yang akan di qurbankan pada idul adha nanti.

Siapkan edaran di posko-posko, Bahbinkamtibmas dan Babinsa harus sama-sama membantu masyarakat untuk selalu memberi data tiap hari dan laporan.

“Kita lakukan tracing, penyakit hewan ke hewan lain. Kami hanya bisa menjaga seperti pendekatan kepada peternak masalah obat. Jadi hewan yang mau di potong dan di angkut harus memiliki surat keterangan kesehatan,” imbuhnya.

Kapoldasu juga meminta Kapolsek dan Danramil melakukan penanganan seperti covid-19. Agar hewan-hewan lainnya tidak terkena dan virus tidak terus berkembang ke hewan lainnya.

Untuk itu, tim terpadu harus dibentuk mulai dari kabupaten, kecamatan sampai tingkat kelurahan/desa, guna memotong mata rantai penularan penyakit yang menyerang hewan ternak.

Kemudian diilanjutkan meninjauan Pos Penyekatan Terpadu dalam Penanganan PMK di Kabupaten Langkat, di Posko Satgas PMK perbatasan Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara di Desa Halban, Provinsi Aceh.

Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK menyatakan Personil Polres Langkat bersama Pemerintah dan TNI siap menjalankan amanah yang ditugaskan untuk memeriksa sapi yang masuk dan keluar dari Langkat.

“Bersama Pemkab dan TNI, kami akan memastikan sapi yang keluar dan masuk dalam keadaan sehat,” sebutnya.

Penjagaan itu dilakukan di Posko Satgas PMK Perbatasan Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera utara di Desa Halban, Provinsi Aceh.

Turut hadir Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi, andim O203/LKT Letkol INF Wisnu Joko Saputro, Dandim 0117 Aceh Tamiang Letkol CZI Alfian Rahmad Purnama Sidi SIP M.Si, Kapolres Aceh Tamiang AKBP Imam Asfali SIK, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provsu DR H.Rahmad Wahyudi.

Kadis Kominfo Langkat H.Syahmadi S.Sos MSP, Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Langkat Hendrik Tarigan, Plt Kadis Kesehatan Langkat dr Juliana, Kabag Umum Setdakab Langkat Eka Syahputra Depari S.STP, Plt Kasat Pol PP Langkat Dameka Putra Singarimbun, serta Camat dan unsur Forkopimca Besitang. (yan/apr)

Mungkin Anda juga menyukai