Wabup Langkat Ikuti Sosialisasi Komponen Cadangan Matra Darat Kodam I/BB

Medan (medanbicara.com)-Kodam I Bukit Baris menggelar sosialisasi pembentukan komponen cadangan Matra Darat, di Balai Prajurit Makodam l/BB, Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (24/03/2021).

Sosialisasi dibuka Ditjen Pothan Kemhan RI Brigjen TNI, Farid Amran. Hadir Bupati Langkat, Terbit Rencana PA, melalui Wakil Bupati Langkat, H Syah Afandin, bersama Kadis Dukcapil, Faisal Rizal Matondang dan Kakan Kesbang Pol, Faisal Badawi.

Dikesempatan itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanudin, melalui Irdam l/BB Brigjen TNI, Gamal Haryo Putro menjelaskan, sosialisasi ini untuk menyampaikan agenda pemerintah yang sangat penting dan strategis, untuk meningkatkan Pertahanan Negara sesuai program Kemenhan RI.

Melalui peraturan UU No 23 tahun 2019, tentang pengelolaan sumber daya nasional, yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi.

“Guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan bersama TNI untuk mempertahankan kedaulatan NKRI,”jelasnya.

Ditambahkan, Ditjen Pothan Kemhan RI, Brigjen TNI Fahrid Amran menjelaskan, sesuai landasan konstitusi UUD 1945 pasal 27 dan 30 mMenyebutkan, setiap WNI berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Melalui UU No 3 tahun 2002, tentang pertahanan negara, yaitu komponen utama dan komponen cadangan.

“Komponen utama adalah TNI, sedangkan komponen cadangan dan tambahan adalah Kementerian terkait, Pemerintah Tingkat I dan II serta swasta,” sebutnya.

Termasuk, sambung Ditjen Pothan Kemhan RI, keikut sertaan WNI dalam usaha bela negara. Dapat melalui pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, bagi calon komponen cadangan yang telah memenuhi syarat, serta pengabdian sebagai TNI secara suka rela atau wajib, juga pendidikan kewarganegaraan PKBN.

Sementara Wabup Langkat, H Syah Afandin menyatakan, Pemkab Langkat siap mendukung program TNI AD untuk mempersiapkan bela negara sesuai program Kemenhan RI.

“Kami siap untuk mendukung TNI mempertahankan kedaulatan NKRI,” pungkasnya.

Turut hadir, Kepala Daerah, Kadis Dukcapil dan Kakan Kesbang Pol se-Sumut. Karo Bimas Poldasu dan Kaban Kesbang Pol Provsu. Juga diikuti para Danrem dan Dandim melalui vidcon. (rel)

Mungkin Anda juga menyukai