Balon Wabup Sergai Tengku M Ryan Novandi Tanam Mangrove, Ini Pesannya…

Sergai (medanbicara.com)-Masih dalam rangkaian semarak HUT ke-75 RI dimanfaatkan Balon Wabup Sergai, Tengku M Ryan Novandi menanam tanaman mangrove di sepanjang bibir Pantai Sei Nagalawan, Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan Sergai, Minggu pagi (23/8/2020).

Balon Wabup Sergai Tengku M Ryan Novandi bersama puluhan masyarakat yang tergabung Aliansi Nelayan Bersatu (ANB) tanpa menghiraukan teriknya matahari, tetap semangat melakukan penanaman pohon mangrove sebagai bentuk kepedulian untuk menghijaukan dan melestarikan mangrove di sepanjang bibir Pantai Sei Nagalawan.

Dengan lestarinya tumbuhan mangrove ini akan banyak mendatangkan manfaat yang luas baik bagi lingkungan alam sekitar maupun masyarakat yang tinggal di sekitaran hutan mangrove.

“Ekologi manggrove banyak menopang kehidupan baik untuk mahluk hidup lautnya maupun yang di darat atau pantai. Dimana manggrove penghasil oksigen, mencegah abrasi area pinggir pantai, tempat hidup hewan seperti burung, kepiting bakau, dan habitat alam lainnya. Sebagai generasi muda ayo kita lestarikan mangrove untuk melanjutkan masa depan generasi berikutnya,” ungkapnya.

Sambung Ryan, ke depan potensi wisata dan pengelolaan ekosistem manggrove akan lebih ditingkatkan, digali potensinya secara terstruktur dan sistematis.

“Ke depan kita akan buat mekanisme pengelolaan manggrove di Sergai ini, harus terukur, tersistem, agar berkelanjutan dan tentu dengan segala potensinya akan menambah PAD Sergai yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua ANB Sutrisno mengatakan bahwa ekosistem manggrove sangat penting untuk menopang kehidupan di wilayah pesisir.

“Di manggrove ini bukan hanya menghasilkan oksigen, banyak juga yang hidup di pohonnya seperti burung, di bawahnya tempat pemijahan ikan,” terangnya.

Ditambahkan Sutrisno, bahwa  kunjungan Tengku Ryan tersebut merupakan berkah. Karena sosok muda seperti Ryan ini yang maju dalam kontestasi politik di Serdang Bedagai patut diapresiasi terlebih lagi dengan kepeduliannya untuk meningkatkan potensi manggrove baik dari segi ekonomi dan pariwisata.

Turut hadir Ketua Mangrove Muara Baimbai Irwan Syahril , Sekretaris Aliansi Nelayan Bersatu Serdang Bedagai, puluhan anak muda dan para ibu – ibu pencinta mangrove. (ung/nst)

Mungkin Anda juga menyukai