Bupati Sergai Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Perbaungan, Ini Curhat Para Kades…

Sergai (medanbicara.com)-Bupati Sergai, Ir H Soekirman mengadakan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan pembangunan Desa, di Kecamatan Perbaungan, Selasa (4/8/2020).

Turut hadir Asisten, Kepala OPD terkait, Camat Perbaungan, Drs Benny Saragih MM, Kepala Desa, Perangkat Desa, Pendamping Desa Kecamatan Perbaungan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan.

Kegiatan monev diawali di Desa Sei Buluh, dilanjutkan menuju Desa Lubuk Bayas, Desa Tanah Merah, Desa Kesatuan, serta Desa Pematang Sijonam.

“Hari ini kita menerima kunjungan pimpinan kita dalam rangka monitoring dan evaluasi pembangunan desa di Kecamatan Perbaungan. Rute meliputi desa-desa yang ada di Kecamatan Perbaungan,” kata Camat Perbaungan, Drs Benny Saragih MM dalam sambutanya.

Semoga, katanya, dengan kegiatan ini seluruh desa di Kecamatan Perbaungan dapat memudahkan desa-desa dalam melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Bupati Sergai, Ir H Soekirman mengatakan, sebagai kepala daerah, mulai kemarin dia beserta wabup berjalan bersama-sama dalam melaksanakan tugas utama Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

“Kemarin kita sudah mengawali perjalanan melihat kemana digunakan Dana Desa Tahun 2019 di Kecamatan Pantai Cermin serta manfaatnya bagi masyarakat desa itu sendiri. Sementara untuk anggaran tahun 2020 kita semua mengetahui bahwa anggaran pemerintah daerah maupun desa terkena recofussing dan realokasi anggaran terkait Covid-19,” katanya.

Kunjungan ini selain untuk memantau pembangunan infrastruktur yang dibangun desa menggunakan ADD/DD antara lain rambat beton, saluran drainase, Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), irigasi, jembatan, plat beton, bedah rumah, poskesdes, serta infrastruktur pendukung lainnya, poin utama kunjungan ini adalah agar desa-desa yang ada di Kabupaten Sergai ini menyelesaikan tunggakan pajak dan taat akan pajak.

“Hal ini selain disebabkan karena kami tidak ingin ada Kepala Desa yang terjerat hukum akibat tidak taat akan pajak, pajak yang dibayarkan tersebut sangat berpengaruh pada pendapatan daerah melalui dana bagi hasil yang nanti juga akan dimanfaatkan oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Sergai,” katanya.

Meski dampak Pandemi Covid-19 cukup terasa, Bupati berharap kerjasama dari semua pihak terutama desa untuk dapat menyelesaikan kewajiban akan pajak tersebut paling lambat akhir Desember tahun ini. Permasalahan pajak yang sering ditemui adalah lambatnya proses administrasi wajib pajak sehingga menghambat penagihan pajak tersebut.

Terkait aspirasi dari masyarakat terkait bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19 dari dana pemerintah daerah yang di recofussing, perlu disampaikan bahwa dana recofussing dan realokasi tersebut berdasarkan aturan yang berlaku hanya dapat disalurkan jika status daerah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Sampai saat ini saya masih terus meminta saran dan masukan dari pemerintah pusat, agar kiranya dana recofussing dapat segera disalurkan kepada masyarakat,” katanya.

Kades Sei Buluh, Sukardi mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati dan jajaran.

“Segala masukan yang diberikan menjadi tolok ukur terutama bagi saya beserta staf, sehingga kedepannya kami dapat lebih mudah dalam melaksanakan pembangunan dengan tetap mengikuti peraturan dan menaati kewajiban akan pajak. Kami berkomitmen dalam waktu dekat pajak yang tertunggak akan segera dapat diselesaikan,” katanya.

Kades Lubuk Bayas, Ruslizar, SE mengaapresiasi kehadiran Bupati beserta jajaran ke desanya dalam rangka monitoring pembangunan desa serta ucapan terimakasih telah mengingatkan dalam penyelesaian tunggakan pajak desa.

“Kami berkomitmen akan dapat menyelesaikan kewajiban atas pajak tersebut dengan sesegera mungkin dalam rangka mendukung keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai,” katanya.

Kades Tanah Merah, Ruslan juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Soekirman beserta jajaran ke desanya.

“Memang ada beberapa kendala dalam penyelesaian tunggakan pajak, namun dengan kunjungan ini kami menjadi semakin faham dan dalam waktu dekat kami akan segera menyelesaikan tunggakan tersebut sebab memang membayar pajak hasilnya nanti juga adalah untuk pembangunan desa juga,” katanya.

Selain itu disampaikan terkait bantuan bagi keluarga terdampak Covid-19, mohon pencerahannya dari Bupati terkait hal ini karena kami menampung aspirasi dari masyarakat tentang bantuan ini.

Kades Kesatuan, Darwin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati dan jajaran di desany. Dapat disampaikan dalam hal bansos tidak ada kendala, selanjutnya kewajiban pada tunggakan pajak serta dokumen kelengkapan administrasi pembangunan akan segera kami tindaklanjuti dan secepatnya diselesaikan.

“Terimakasih kepada Bupati Sergai karena ruas jalan Kesatuan menuju Pantai Cermin telah masuk dalam perencanaan realisasi di tahun 2021. Segala yang sudah baik agar kiranya dapat dilanjutkan, sementara yang belum baik agar diperbaiki,” katanya.

Kepala Desa Pematang Sijonam, Rusiadi, SH
menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sergai, Ir H Soekirman atas kunjungan dan masukan yang diberikan terkait pembangunan serta mengingatkan kewajiban-kewajiban lainnya seperti pajak dan lainnya.

Juga atas bantuan pembangunan infrastruktur jalan hotmix poros Pematang Sijonam hingga menuju Pantai Cermin yang Insha Allah akan direalisasikan segera.
“Hal yang baik kami dukung untuk keberlanjutan pembangunan, serta yang belum baik mari kita sama-sama perbaiki untuk kesejahteraan seluruh masyarakat,” katanya. (ung)

Mungkin Anda juga menyukai