Bupati Sergai Pimpin Rakor Percepatan Penanganan Covid-19, Perbaungan Paling Banyak Penyebaran

Sergai (medanbicara.com)-Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya didampingi Wabup, H Adlin Umar Yusri Tambunan memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penanganan Covid-19, di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai, di Sei Rampah, Kamis (18/3/2021).

“Saya instruksikan kepada para Camat, Kepala Desa/Lurah hingga Kepala Lingkungan/Kepala Dusun untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan khususnya acara pesta di daerah masing-masing sembari menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat,” kata Bupati Sergai, Darma Wijaya, saat membuka Rakor yang juga dihadiri Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang, SH, MH, Sekdakab HM Faisal Hasrimy, AP, MAP para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat.

Bupati mengutarakan bahwa saat di daerah ada kegiatan khususnya pesta, Camat, Kades dan Kepling harus dapat bekerjasama dengan Babinsa, Babinkamtibmas untuk melakukan pengecekan terhadap penerapan protokol kesehatan.

“Camat, Kades dan Kepling harus dapat bersinergi dengan Babinsa maupun Babinkamtibmas untuk mengecek perlengkapan protokol kesehatan di lokasi pesta, seperti menyediakan tempat cuci tangan/handsanitizer, menyediakan masker, menjaga jarak kursi dan lainnya,” imbau Bupati.

Tak hanya kegiatan pesta, pengawasan juga dapat dilakukan di tempat keramaian seperti pasar tradisional maupun pusat keramaian lainnya. Hal ini harus dilakukan demi menekan laju pandemi virus asal Wuhan itu.

“Kepada para Camat dan jajarannya agar berperan aktif dalam menyosialisasikan dampak Covid-19 ke masyarakat. Kita lihat di pasar tradisional banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Itu harus diawasi, dan menghindari kerumunan,”tegasnya.

Senada dengan Bupati, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang menambahkan, pihaknya siap mengawal pemerintah dalam mengawasi dan menekan laju pandemi. Ia juga siap mendukung pembangunan meskipun pandemi tengah melanda.

“Jajaran Polres Sergai siap mendukung penuh pemerintah dalam memperbaiki roda perekonomian. Saya tekankan kepada seluruh jajaran untuk mendukung itu. Jika ada yang menyalahi aturan, saya akan tindak tegas,”tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Sergai, Drs H Akmal, AP, MSi selaku Jubir Satgas Cocid-19 mengatakan, hingga kini jumlah masyarakat yang terpapar pandemi Covid19 di Serdang Bedagai sekitar 524 orang. 467 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 22 orang masih di rawat dan 35 orang meninggal dunia. Kecamatan yang paling banyak penyebaran Covid-19 adalah Kecamatan Perbaungan.

“Kita saat ini masuk dalam kategori zona kuning, artinya angka penderita Covid 19 masih rendah dengan penyebaran yang bisa dibilang terkendali. Meskipun begitu kita tetap harus waspada pada musibah bencana non alam ini,”terangnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit menyebut program Kampung Tangguh yang di gagas oleh Kapolres Sergai sangat baik. Itu tentunya harus dikawal oleh Camat agar terus berjalan lancar.

“Terkait dengan percepatan penanganan Vovid-19, pelaksanaan vaksin menjadi salah satu pilihan dalam menekan angka pandemi. Sekitar 2.500-an masyarakat sudah menerima vaksin. Kami harapkan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga menjaga imun tetap kuat dengan istirahat yang cukup, rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat,”tutupnya. (ung)

Mungkin Anda juga menyukai