Dinas Perkim Sergai Bangun 40 Titik Jalan Lingkungan di 2 Kecamatan

Serdang Bedagai (medanbicara.com) -Proses perawatan paving block tidak sulit, karena material ini tahan terhadap perubahan cuaca. Kalaupun terjadi kerusakan dibeberapa bagian paving block bisa di perbaiki tanpa harus merombak semua bagian.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sofyan Suri kepada wartawan Jumat (21/10/2022) melalui layanan WhatsApp.

Dinas Perkim Sergai tahun 2022 ini telah membangun 24 titik jalan lingkungan di Kecamatan Sei Rampah serta Sei Bamban dan 16 titik drainase lingkungan. Untuk jalan lingkungan material menggunakan paving block.

” Paving block memiliki daya serap yang baik sehingga menghindari munculnya genangan air dipermukaan, inilah diterapkan dilokasi padat penduduk,” papar Sofyan Suri.

Dibandingkan dengan aspal ataupun  beton proses pemasangan paving block jauh lebih mudah dan sederhana tanpa menggunakan alat berat untuk mengecor, sedangkan pengerjaan paving block tidak membutuhkan banyak peralatan. 

Kepada masyarakat tidak usah khawatir jika ditemukan paving block yang renggang akibat dilintasi kendaraan yang melebihi tonase, masyarakat bisa bergotong royong merapikan kembali paving block tersebut. 

Terpisah H Sinaga (45) warga Dusun XIV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai mengucapkan terimakasih atas jalan lingkung yang telah di bangun oleh Pemkab Sergai melalui Dinas Perkim dengan menggunakan material paving block. Jalan yang sebelumnya digenangi air kini sudah tidak becek lagi. Ia pun berharap kendaraan yang melebihi tonase untuk mengambil jalan alternatif lain dan tidak melintasi jalan paving block tersebut hingga mengakibatkan renggang.

” Didaerah kota jalan lingkungan sudang menggunakan materil paving block hingga daya resapan air itu bagus, dan sudah terbukti hujan terus menerus jalannya tidak becek, namun saya berharap kendaraan yang melebihi tonase jangan melintas di sini, bisa renggang paving blocknya,” sebut H Sinaga. (zul)

Mungkin Anda juga menyukai